Praktik penipuan online masih mengancam pengguna layanan finansial teknologi (fintek) termasuk e-wallet DANA. Meski Anda tidak pernah menjadi korban penipuan, Anda bisa melakukan beberapa hal agar mencegah orang lain menjadi korban. Lantas apa yang bisa dilakukan untuk membantu user lain agar tidak menjadi korban penipuan?

Inilah hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk membantu user lain agar tidak menjadi korban penipuan khususnya yang mengatasnamakan DANA.

1. Lapor ke akun official DANA

Penting untuk segera melaporkan segala bentuk penipuan ke akun resmi DANA. Anda dapat mengaksesnya melalui situs resmi DANA atau akun resmi media sosial DANA. Berikut daftar akun media sosial resmi DANA.

Instagram: @dana.id @daysindana @dana.finteach Facebook: DANA Indonesia X : danawallet TikTok: DANA Indonesia Web: dana.id YouTube: DANA Indonesia LinkedIn: DANA Indonesia

Dengan melaporkan kasus penipuan tersebut, Anda dapat membantu tim DANA dalam mengidentifikasi dan menanggulangi metode penipuan yang sedang beredar. Laporan tersebut juga memungkinkan DANA untuk memperbarui sistem keamanan dan memberikan informasi terbaru kepada pengguna lain, sehingga risiko penipuan dapat diminimalisir.

2. Beritahukan informasi penipuan ke kerabat yang memakai DANA

Selanjutnya Anda dapat memberitahukan informasi penipuan ke kerabat yang juga memakai DANA, agar mencegah mereka menjadi korban penipuan selanjutnya. Misalnya, memberitahukan tentang jenis penipuan yang sering terjadi, seperti link phising dan penipuan iming-iming hadiah.

Baca juga: Cara Mudah Melakukan Pengaduan Jika Ada Masalah dengan Akun DANA Anda

Selain itu, berbagi informasi mengenai penipuan dengan kerabat juga membantu menciptakan jaringan perlindungan yang lebih luas. Ketika banyak orang mengetahui dan waspada terhadap berbagai bentuk penipuan, potensi kerugian dapat diminimalisir.

Pendekatan proaktif ini tidak hanya melindungi kerabat Anda, tetapi juga berkontribusi pada keamanan komunitas DANA secara keseluruhan.

3. Sebarkan informasi mengenai penipu di sosial media anda

Anda bisa menyebarkan informasi mengenai penipu di media sosial Anda sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan melindungi komunitas online dari potensi penipuan. Pastikan untuk menyertakan detail penting seperti ciri-ciri penipuan, cara mengidentifikasinya, dan langkah-langkah pencegahan yang dapat diambil.

Memperluas informasi mengenai penipu di media sosial akan memperkuat jaringan perlindungan dan memudahkan deteksi dini terhadap potensi penipuan. Dengan cara ini, Anda turut berperan dalam menciptakan lingkungan digital yang lebih aman dan lebih tangguh terhadap ancaman penipuan.

4. Selalu ingatkan orang - orang disekitar anda

Sebaiknya Anda juga mengingatkan orang-orang di sekitar tentang potensi penipuan online yang mengatasnamakan DANA. Dengan rutin memberikan informasi mengenai metode penipuan terbaru dan ciri-cirinya, Anda membantu mereka tetap waspada dan tidak mudah terjebak dalam trik penipu.

Misalnya, Anda bisa memperingatkan mereka untuk tidak mengklik tautan mencurigakan atau membagikan informasi pribadi kepada orang yang tidak dikenal.

Selain itu, pendekatan ini menciptakan lingkungan yang lebih aman di sekitar Anda, karena orang-orang yang Anda ingatkan akan lebih cermat dalam menghadapi potensi risiko penipuan.

Demi menjaga keamanan pengguna, DANA juga menerapkan sejumlah sistem keamanan yang diakui secara internasional. Beberapa di antaranya yaitu ISO 27001 terkait Manajemen Keamanan Informasi yang melindungi data pengguna, PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) yang menjadi standar keamanan data pembayaran melalui kartu, serta Zero Data Sharing Policy yang menjamin keamanan data pengguna.

Operasional e-wallet DANA juga sudah memenuhi regulasi dan diawasi oleh Bank Indonesia, sehingga transaksi di DANA dapat dipastikan aman, mudah dan nyaman. Yuk instal DANA sekarang!

Download DANA