Aplikasi DANA menjadi salah satu layanan dompet digital yang dipercaya oleh ratusan juta pengguna di Indonesia. Terlepas dari pencapaian yang positif tersebut, ada kalanya pengguna mendapati aplikasi DANA tidak dapat dibuka. Lantas kenapa aplikasi DANA tidak bisa dibuka? Apa solusi yang bisa dilakukan agar aplikasi berjalan normal lagi? Simak ulasannya.
Penyebab Aplikasi DANA Tidak Bisa Dibuka
Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan aplikasi DANA tidak bisa dibuka. Salah satu penyebab yang paling sederhana yaitu karena masalah koneksi internet yang tidak stabil, sehingga membuat pengguna tidak dapat mengakses aplikasi DANA secara optimal.
Jadi, pastikan pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil agar bisa terhubung ke aplikasi DANA dengan lancar.
Penyebab lainnya bisa jadi karena aplikasi DANA yang Anda pakai pengguna belum di-update ke versi terbaru. Nah, berbagai aplikasi lawas termasuk DANA, bisa saja tidak lagi berjalan optimal karena tidak dilengkapi dengan pembaruan aplikasi terbaru.
Aplikasi lawas juga rentan memiliki bug. Untuk itu, pastikan Anda melakukan pembaruan setiap kali menerima update aplikasi baik di Play Store maupun App Store, agar DANA bisa tetap berjalan optimal dan mendapat aneka fitur baru.
Faktor lainnya yang bisa menyebabkan aplikasi DANA tidak bisa dibuka yaitu ketersediaan memori smartphone Anda yang terbatas, dan terdapat berkas singgahan (cache) yang menumpuk.
Selain dari sisi pengguna, faktor lainnya yang membuat aplikasi DANA tidak dapat dibuka bisa jadi dari pihak DANA sendiri. Misalnya karena server DANA yang mengalami gangguan (down), sehingga Anda tidak bisa membuka aplikasi atau mengakibatkan tampilan DANA tidak responsif.
Bila hal ini terjadi, Anda patut bersabar karen biasanya kendala ini hanya bersifat sementara. Tim di DANA juga akan bergegas melakukan perbaikan agar aplikasi lekas berjalan normal lagi.
Baca juga: Lupa PIN Akun DANA? Simak Cara Mudah Reset PIN DANA di Sini!
Solusi Dan Cara Mengatasi DANA Tidak Bisa Dibuka
Cek Kompatibilitas Aplikasi
Untuk mengatasi aplikasi DANA yang tidak bisa dibuka, Anda bisa mengecek kompatibilitas aplikasi dan memperbarui aplikasi ke versi terbaru. Anda bisa melakukan pembaruan aplikasi DANA di Play Store untuk pengguna perangkat Android atau App Store untuk pengguna iOS.
Cek Koneksi Internet
DANA memerlukan koneksi internet yang stabil agar berfungsi dengan baik. Jadi pastikan koneksi yang digunakan, seperti Wi-Fi atau data seluler, dalam kondisi baik.
Jika mengalami masalah seperti tidak bisa login atau transfer, coba ganti antara Wi-Fi dan data seluler, kemudian periksa apakah layanan DANA sudah bisa diakses kembali.
Login Ulang DANA
Aplikasi DANA yang tidak bisa dibuka terkadang disebabkan oleh masalah dengan akun atau sesi login yang aktif. Untuk mengatasinya, cobalah menutup aplikasi sepenuhnya, kemudian membukanya kembali dan melakukan login ulang dengan akun Anda yang sama. Langkah ini biasanya dapat menyegarkan aplikasi dan memperbarui semua pengaturan, sehingga memperbaiki masalah yang terjadi.
Baca juga: Apakah Bisa Menonaktifkan dan Menghapus Akun DANA Premium?
Hapus File Cache
Jika aplikasi DANA tidak bisa dibuka setelah tidak aktif terlalu lama, kemungkinan masalahnya bukan hanya karena ketidakaktifan, tapi juga karena penumpukan file sampah atau cache. Hal ini dapat menyebabkan masalah tambahan seperti proses login yang lambat, transaksi yang terhambat, dan lain sebagainya. Jadi sebaiknya Anda bersihkan file cache lewat menu Settings di smartphone.
Mengosongkan Memori Smartphone
Agar aplikasi DANA dapat berjalan dengan normal, Anda perlu memastikan smartphone memiliki ruang memori yang cukup. Jika memori smartphone penuh, aplikasi DANA mungkin tidak dapat berfungsi dengan baik.
Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa kosongkan memori smartphone dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan atau file-file seperti foto, video, dan dokumen yang tidak diperlukan lagi.
Dengan mengikuti langkah-langkah seperti dijabarkan di atas, Anda dapat mengatasi masalah ketika aplikasi DANA tidak bisa dibuka. Jika semua solusi tersebut tidak berhasil, pertimbangkan untuk menghubungi layanan pelanggan DANA untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.
Jangan lupa untuk selalu memastikan aplikasi Anda diperbarui ke versi terbaru dan perangkat Anda dalam kondisi optimal untuk mencegah masalah serupa terjadi di masa depan. Dengan pendekatan yang tepat, Anda dapat kembali menggunakan aplikasi DANA untuk berbagai transaksi pembayaran di berbagai merchant.
Anda juga bisa membayar berbagai tagihan seperti tagihan listrik, air, internet, BPJS, pembelian pulsa, transfer ke bank, pembayaran online hingga investasi. Tunggu apa lagi? Yuk instal DANA sekarang!
