logo-dana

Halo! Ada yang bisa kami bantu?

Transaksi dan Pembayaran

Metode pembayaran apa saja yang tersedia?

Anda dapat melakukan pembayaran melalui pilihan cara berikut:

  • Saldo DANA
  • Transfer bank
    • BCA Virtual Account
    • Mandiri Virtual Account
    • CIMB Niaga Virtual Account
    • Bank lain
  • Kartu Kredit
    • VISA
    • Mastercard

 

Bagaimana cara membayar dengan Saldo DANA?

Setelah Anda selesai memilih produk yang ingin dibeli, silakan ikuti panduan berikut:

  1. Pada halaman pilihan metode pembayaran, pilih menu “DANA”.
  2. Masukkan PIN DANA Anda, lalu tekan tombol “Bayar”.

 

Bagaimana cara membayar dengan Bank Transfer?

Setelah Anda selesai memilih produk yang ingin dibeli, silakan ikuti panduan berikut:

  • Pada halaman pilih metode pembayaran, pilih menu “Transfer Bank”.
  • Anda dapat memilih melakukan pembayaran menggunakan metode transfer bank melalui BCA atau BNI.
  • Tekan tombol “Confirm” untuk membayar tagihan Anda.
  • Silahkan bayar tagihan Anda sesuai informasi yang tertera pada layar dan notifikasi SMS yang dikirimkan.

 

Kartu Kredit apa saja yang bisa saya gunakan untuk transaksi di DANA?

Untuk bertransaksi di DANA, anda dapat menggunakan semua kartu kredit yang berlogo Visa dan Master Card.

 

Bagaimana cara saya membayar tagihan Cicilan?

Anda dapat melakukan Pembayaran Cicilan dengan cara:

  • Dari layar DANA, pilih menu “Cicilan”.
  • Masukkan data-data yang diperlukan. Pilih nama Perusahaan, Nomor Kontrak, Nomor Ponsel, Email. Kemudian klik tombol “Lanjut”.
  • Akan muncul informasi cicilan. Pastikan data yang Anda lihat sudah sesuai dengan tagihan Anda. Kemudian klik “Bayar”.
  • Pilih metode pembayaran yang tersedia, kemudian klik “Konfirmasi” untuk melanjutkan pembayaran.

 

Bagaimana cara saya melakukan Pembelian Pulsa?

Anda dapat melakukan Pembelian Pulsa dengan cara:

  • Dari layar DANA, pilih menu “Mobile”.
  • Masukkan nomor telepon seluler yang anda inginkan, lalu pilih nominal pulsa atau paket data yang ingin ditambahkan ke nomor ponsel tersebut.
  • Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya untuk memilih metode pembayaran yang diinginkan.

 

Bagaimana cara saya melakukan Pembayaran Tagihan Listrik dan Token Listrik?

1. Anda dapat melakukan Pembayaran Tagihan Listrik dengan cara:

  • Dari layar DANA, piih menu “Listrik”.
  • Pilih opsi “Tagihan Listrik”. Masukkan ID Pelanggan, Nomor Ponsel dan alamat E-mail Anda. Tekan tombol “Lanjut”.
  • Pastikan data tagihan yang Anda lihat sesuai dengan tagihan Anda. Tekan tombol “Bayar” untuk melanjutkan proses pembayaran.

2. Anda dapat melakukan Pembelian Token Listrik dengan cara:

  • Dari layar DANA, piih menu “Listrik”.
  • Pilih opsi “Token Listrik”. Masukkan ID Pelanggan, Nomor Ponsel dan alamat E-mail serta pilih nominal yang Anda inginkan. Tekan tombol “Lanjut”.
  • Pastikan ID pelanggan Anda sudah benar dan tekan tombol “Bayar” untuk melanjutkan proses pembayaran.

 

Bagaimana cara saya melakukan Pembayaran Tagihan Air?

Anda dapat melakukan Pembayaran Tagihan Air dengan cara:

  • Dari layar halaman utama DANA, piih menu “PDAM”.
  • Silahkan pilih Wilayah serta masukkan ID pelanggan, Nomor Ponsel dan Alamat E-mail. Tekan tombol “Lanjut”.
  • Pastikan data yang Anda lihat sesuai dengan data Anda. Tekan tombol “Bayar” untuk melanjutkan proses pembayaran.
  • Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya untuk memilih metode pembayaran yang diinginkan.

 

Bagaimana cara saya melakukan Pembayaran Tagihan Internet?

Anda dapat melakukan Pembayaran Tagihan Internet dengan cara:

  • Dari halaman utama DANA piih menu “Internet”.
  • Masukkan ID Pelanggan, Nomor Ponsel dan alamat E-mail Anda, lalu tekan tombol “Lanjut”.
  • Pastikan data yang Anda lihat sesuai dengan data Anda. Tekan tombol “Bayar” untuk melanjutkan proses pembayaran. Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya untuk memilih metode pembayaran yang diinginkan.

 

Bagaimana cara saya melakukan Pembayaran Asuransi BPJS Kesehatan?

Anda dapat melakukan Pembayaran Asuransi dengan cara:

  • Dari halaman utama DANA piih menu “Asuransi”.
  • Masukkan nomor peserta, periode pembayaran, nomor ponsel dan alamat e-mail Anda, lalu tekan tombol “Lanjut”.
  • Pastikan data yang Anda lihat sesuai dengan data Anda. Tekan tombol “Bayar” untuk melanjutkan proses pembayaran. Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya untuk memilih metode pembayaran yang diinginkan.

 

Bagaimana cara saya melakukan Pembayaran Merchant melalui Transfer Bank BCA?

1. ATM BCA

  • Masukkan kartu ATM dan PIN BCA anda
  • Pilih menu TRANSAKSI LAINNYA > TRANSFER > KE REKENING BCA VIRTUAL ACCOUNT
  • Masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] sebagai rekening tujuan
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima.Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Ikuti instruksi untuk menyelesaikan transaksi

2. KLIK BCA

  • Masuk ke website KLIK BCA
  • Pilih menu TRANSFER DANA > TRANSFER KE BCA VIRTUAL ACCOUNT 
  • Masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] sebagai rekening tujuan
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima.Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Ikuti instruksi untuk menyelesaikan transaksi

3. m-BCA (BCA MOBILE)

  • Masuk ke aplikasi mobile m-BCA
  • Pilih menu M-TRANSFER > BCA VIRTUAL ACCOUNT
  • Masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] sebagai rekening tujuan
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima.Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Masukkan PIN m-BCA Anda
  • Ikuti instruksi untuk menyelesaikan transaksi

4. m-BCA (STK – SIM Tool Kit)

  • Pilih menu m-BCA pada menu SIM Card anda
  • Pilih menu m-PAYMENT > LAINNYA
  • Ketik TVA lalu tekan OK
  • Masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] sebagai rekening tujuan
  • Masukkan PIN BCA anda lalu tekan OK
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima.Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Masukkan PIN BCA anda lalu tekan OK
  • Anda akan menerima SMS konfirmasi

 

Bagaimana cara saya melakukan Pembayaran Merchant melalui Transfer Bank CIMB Niaga?

1. ATM

  • Masukkan kartu ATM dan PIN anda
  • Pilih PEMBAYARAN > LANJUT > VIRTUAL ACCOUNT
  • Masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] sebagai rekening tujuan
  • Pilih sumber pembayaran
  • Nomor dan nama virtual account akan ditampilkan pada layar. Masukkan jumlah yang ingin dibayarkan sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima.
  • Konfirmasi pembayaran anda

2. CIMB Clicks

  • Login ke CIMB Clicks
  • Pilih menu BAYAR TAGIHAN
  • Pilih rekening sumber pembayaran dan pilih Virtual Account sebagai jenis pembayaran
  • Masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] sebagai rekening tujuan
  • Nomor dan nama virtual account akan ditampilkan pada layar. Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima. Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Masukkan 6 digit mPIN anda dan klikSUBMIT

3. GO Mobile

  • Login ke Go Mobile
  • Pilih TRANSFER lalu pilih Transfer ke Rekening CIMB Niaga Lainnya
  • Pilih rekening sumber pembayaran
  • Masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] sebagai rekening tujuan
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima.Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Konfirmasi pembayaran anda dan masukkan PIN Mobile Banking anda

4. Interbank Transfer/ATM Bersama

  • Masukkan kartu ATM & PIN
  • Pilih menu TRANSAKSI LAINNYA > TRANSFER > KE BANK LAIN
  • Masukkan 022 (kode bank CIMB Niaga)sebagai kode bank
  • Masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] sebagai rekening tujuan
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima.Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Pilih sumber pembayaran
  • Konfirmasi pembayaran anda

 

Catatan

  • Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM yang disediakan oleh ATM PRIMA, Bersama, dan LINK
  • Biaya tambahan akan dikenakan sesuai dengan kebijakan bank penerbit

 

Bagaimana Cara Saya Melakukan Pembayaran Merchant Melalui Transfer Bank BRI?

1. Internet Banking BRI (Web Version)

  • Login ke ib.bri.co.id
  • Pilih Menu TRANSFER > TRANSFER ANTAR BANK
  • Pilih sumber pembayaran. Pilih  “Pilih Bank Tujuan dan Isi Nomor Rekening Tujuan”. Pilih BNI sebagai “Bank Tujuan”. Masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] ke “Nomor Rekening/Account Number”  dan tekan “Kirim”. 
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima dan nomor referensi, kemudian klik “Kirim”. Apabila nomor Virtual Account benar, informasi transaksi akan ditampilkan. Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses. 
  • Konfirmasi transaksi dengan memasukkan password internet banking anda dan klik “Kirim”.

2. Internet Banking BRI (Mobile Version)

  • Buka aplikasi BRI Mobile dan login ke Internet Banking BRI
  • Pilih menu TRANSFER > TRANSFER KE BANK LAIN
  • Pilih BNI sebagai “Bank Tujuan”. Masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] ke “Nomor Rekening/Account Number” dan tekan “Kirim”. Apabila nomor Virtual Account benar, informasi transaksi akan ditampilkan
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima dan nomor referensi, kemudian klik “Kirim”. Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses. 
  • Konfirmasi transaksi dengan memasukkan password internet banking anda dan klik “Kirim”.

3. Mobile Banking BRI

  • Buka aplikasi BRI Mobile dan buka Mobile Banking BRI
  • Pilih menu TRANSFER > BANK LAIN
  • Pilih 009 – BNI  sebagai “Kode Bank” dan masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] ke “Nomor Rekening/Account Number”
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima dan pilih OK. Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.

4. ATM BRI

  • Masukkan kartu, pilih bahasa, kemudian masukkan PIN anda.
  • Pilih menu TRANSAKSI LAIN > TRANSFER > BANK LAIN
  • Masukkan 009 (Kode Bank BNI) dan diikuti dengan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] sebagai nomor rekening tujuan.
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima.Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Konfirmasi transaksi anda.

 

Bagaimana cara Saya Melakukan Pembayaran Merchant Melalui Transfer Bank Mandiri?

1. Mandiri Online (Mobile Version)

  • Login ke aplikasi Mandiri Online.
  • Pilih menu Pembayaran > Buat Pembayaran Baru > Multi Payment
  • Pilih rekening sumber anda pada “Rekening Sumber”. Kemudian, pilih Danapay sebagai “Penyedia Jasa”, masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] ke dalam kolom “No VA” dan tekan “TAMBAH SEBAGAI NOMOR BARU” dan tekan “LANJUT”.
  • Konfirmasi transaksi dengan memasukkan PIN Mandiri Online anda.

2. Mandiri Online (Web Version)

  • Login ke ibank.bankmandiri.co.id/retail3/
  • Pilih menu Pembayaran > Multipayment.
  • Pilih rekening sumber anda pada “Rekening Sumber”. Kemudian, pilih Danapay sebagai “Penyedia Jasa”, masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] ke dalam kolom “No VA” dan tekan “LANJUT”.
  • Konfirmasi transaksi melalui Mandiri Online Versi Mobile anda.
  • Login ke aplikasi Mandiri Online.
  • Pilih menu Transaksi Tertunda
  • Konfirmasi transaksi dengan klik “SETUJU” dan masukkan PIN Mandiri Online anda.

3. Mandiri SMS Banking

  • Kirim SMS dengan format sebagai berikut ke 3355:

TRB(spasi)1(spasi)009(spasi)[no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima](spasi)[Jumlah Pembayaran]

Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses. 

(Contoh: TRB 1 009 [VA Generated] 100000)

  • Ikuti instruksi untuk menyelesaikan transaksi

4. ATM Mandiri

  • Masukkan kartu, pilih bahasa, kemudian masukkan PIN anda.
  • Pilih menu Bayar/Beli > Multipayment
  • Masukkan 89509 sebagai Kode Biller dan diikuti dengan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] ke dalam kolom “No VA”.
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima.Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Konfirmasi transaksi anda.

5. Interbank Transfer/ATM Bersama

  • Masukkan kartu ATM & PIN
  • Pilih menu TRANSAKSI LAINNYA > TRANSFER > KE BANK LAIN
  • Masukkan 008 (kode bank Mandiri) sebagai kode bank
  • Masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] sebagai rekening tujuan
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima. Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Pilih sumber pembayaran
  • Konfirmasi pembayaran anda
  •  

Catatan: 

  • Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM yang disediakan oleh ATM PRIMA, Bersama, dan LINK
  • Biaya tambahan akan dikenakan sesuai dengan kebijakan bank penerbit

 

Bagaimana cara Saya Melakukan Pembayaran Merchant Melalui Transfer Bank BNI?

1. BNI Internet Banking

  • Login ke ibank.bni.co.id
  • Pilih menu TRANSAKSI > INFO & ADMINISTRASI > ATUR REKENING TUJUAN dan pilih TAMBAH REKENING TUJUAN
  • Pilih Transfer Antar Rek. BNI di kolom “Kode Network & Bank”. Masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] ke dalam kolom “Nomor Rekening”, kemudian klik “Lanjut”. Apabila Virtual Account benar maka seluruh informasi Virtual Account akan ditampilkan. Masukkan nama singkat penerima ke dalam kolom “Nama Singkat” dan lanjutkan. 
  • Di halaman konfirmasi, masukkan token autentikasi. Apabila autentikasi sukses, nomor Virtual Account akan ditambahkan ke dalam nama singkat dari rekening.
  • Pilih menu TRANSAKSI > TRANSFER > TRANSFER  ANTAR REK. BNI
  • Pilih sumber pembayaran dan pilih nama singkat yang telah ditambahkan sebelumnya sebagai rekening tujuan
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima.Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Konfirmasi transaksi anda

2. BNI SMS Banking

  • Buka BNI SMS Banking app
  • Pilih menu TRANSFER > TRF rekening BNI > TRF rekening BNI
  • Masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] ke dalam kolom “Nomor Rekening Tujuan” dan masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima ke dalam kolom “Jumlah Transfer”.  Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.

3. BNI Mobile Banking

  • Login ke aplikasi BNI Mobile Banking.
  • Go to  TRANSFER > ANTAR BNI
  • Pilih tab “Input Baru”. Kemudian, masukkan [VA generated] ke dalam kolom “Rekening Tujuan”.
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima.Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Konfirmasi transaksi anda dengan memasukkan password mobile banking anda.

4. SMS Plain Text

  • Kirim SMS dengan format sebagai berikut ke 3346:

TRF(spasi)[no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima](spasi)[Jumlah Pembayaran]

Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses. 

(Contoh: TRF 1234567812345678 100000)

  • Ikuti instruksi untuk menyelesaikan transaksi

5. ATM BNI

  • Masukkan kartu, pilih bahasa, kemudian masukkan PIN anda.
  • Pilih menu MENU LAIN > TRANSFER > DARI REKENING TABUNGAN > KE REKENING BNI
  • Masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] sebagai nomor rekening tujuan
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima.Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Konfirmasi transaksi anda.
  •  

Catatan

  • Penggunaan kartu bank selain BNI akan dikenakan biaya tambahan sesuai kebijakan bank penerbit

 

Bagaimana Cara Saya Melakukan Pembayaran Merchant Melalui Transfer Bank BTN?

 

1. ATM BTN

  • Masukkan kartu, pilih bahasa, kemudian masukkan PIN anda.
  • Pilih menu TRANSAKSI LAIN > TRANSFER > BANK LAIN
  • Masukkan 009 (kode bank BNI) sebagai kode bank.
  • Masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] sebagai nomor rekening tujuan
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima.Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Pilih sumber pembayaran
  • Konfirmasi transaksi anda.

2. BTN Internet Banking (Web Version)

  • Masuk ke internetbanking.btn.co.id
  • Pilih menu TRANSFER > TRANSFER KE BANK LAIN
  • Pilih BNI sebagai “Nama Bank” dan masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] pada “Nomor Rekening Tujuan”.
  • Masukkan jumlah ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima dan klik“Kirim”. Jika nomor Akun sudah benar, informasi transaksi akan muncul. Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.

3. BTN Internet Banking (Mobile Version)

  • Masuk ke aplikasi BTN Internet.
  • Pilih menu TRANSFER > TRANSFER KE BANK LAIN
  • Pilih BNI sebagai “Nama Bank” dan masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] ke dalam “Nomor Rekening Tujuan”.
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima dan klik “Kirim”. Jika nomor Akun sudah benar, informasi transaksi akan muncul. Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.

4. BTN Mobile

  • Masuk ke aplikasi BTN iMobile.
  • Pilih menu TRANSFER > TRANSFER KE BANK LAIN
  • Pilih BNI sebagai “Nama Bank” dan masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] ke dalam “Nomor Rekening Tujuan”.
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima dan klik “Kirim”. Jika nomor Akun sudah benar, informasi transaksi akan muncul. Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.

 

Bagaimana cara saya melakukan Pembayaran Merchant melalui Transfer Bank Permata?

 

1. ATM Permata

  • Masukkan kartu, pilih bahasa, kemudian masukkan PIN anda.
  • Pilih menu TRANSAKSI LAINNYA > TRANSFER > KE BANK LAIN
  • Masukkan 009 (Kode Bank BNI) sebagai kode bank.
  • Masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] sebagai nomor rekening tujuan
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima. Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Pilih sumber pembayaran.
  • Konfirmasi transaksi anda.

2. Permata Internet Banking

  • Masuk ke new.permatanet.com
  • Pilih menu TRANSFER > KE BANK LAIN > ONLINE
  • Pilih sumber dana.
  • Centang kotak “Masukkan Rekening Baru”, lalu pilih BNI sebagai bank tujuan dan masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] sebagai nomor rekening tujuan
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima. Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Konfirmasi transaksi anda dengan memasukkan SMS token melalui telepon genggam anda.

 

Bagaimana cara saya melakukan Pembayaran Merchant melalui Transfer Bank Panin?

1. ATM Panin

  • Masukkan kartu, pilih bahasa, kemudian masukkan PIN anda.
  • Pilih menu TRANSAKSI LAINNYA > TRANSFER > KE BANK LAIN
  • Masukkan 009 (kode Bank BNI) sebagai kode bank.
  • Masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] sebagai nomor rekening tujuan
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima.Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Pilih sumber pembayaran.
  • Konfirmasi transaksi anda.

2. Panin Internet Banking

  • Masuk ke internetpanin.com
  • Pilih menu TRANSFER > REGISTRASI REKENING TUJUAN
  • Pilih “Ke Bank Domestik” sebagai “Kategori Transfer”. Lalu masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] ke“Nomor Rekening” dan pilih BNI sebagai “Bank Tujuan”. Lalu konfirmasi registrasi.
  • Pilih menu TRANSFER > TRANSFER KE BANK LAIN.
  • Pilih sumber pembayaran.
  • Pilih rekening tujuan yang telah ditambahkan sebelumnya
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima.Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Konfirmasi transaksi anda.

3. Mobile Panin

  • Masuk ke aplikasi Mobile Panin
  • Pilih menu TRANSFER > TRANSFER KE BANK LAIN
  • Pilih tab “Buat Baru” lalu masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] ke “Nomor Rekening” dan pilih BNI sebagai “Bank” lalu tekan “Lanjut”. Jika nomor rekening sudah benar, informasi transaksi akan muncul.
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima. Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Konfirmasi transaksi anda dengan memasukkan PIN Mobile Banking anda.

 

Bagaimana cara saya melakukan Pembayaran Merchant melalui Transfer Danamon?

1. Dmobile

  • Masuk ke Dmobile
  • Pilih Transfer DANA
  • Pilih Rekening Sumber Dana lalu pilih Rekening Tujuan / Favorit sebagai Baru NON BDI Transfer lalu tekan LANJUT
  • Masukkan jumlah pembayaran yang ingin dibayarkan di “Jumlah Transfer” lalu masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] pada kolom nomor rekening lalu pilih BANK BNI. Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Konfirmasi transaksi dengan memasukkan MPIN

2. Internet Banking

  • Masuk ke https://www.danamononline.com
  • Pilih menu TRANSAKSI > TRANSFER RUPIAH KE REKENING BANK LAIN > TRANSFER KE PENERIMA TIDAK TERDAFTAR
  • Pilih online ATM sebagai layanan transfer dan pilih “Rekening Asal”
    masukkan No. Rekening tujuan dengan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima]
  • Masukkan jumlah pembayaran yang ingin dibayarkan di “Jumlah”. Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Pilih BANK BNI sebagai Bank Penerima
  • Masukkan nickname dari transaksi di nama panggilan
  • Klik Lanjut dan konfirmasi transaksi anda dengan memasukan token

 

Bagaimana cara saya melakukan Pembayaran Merchant melalui Transfer Bank Sinarmas?

1. ATM Sinarmas

  • Masukkan kartu ATM & PIN
  • Pilih menu TRANSAKSI LAINNYA > TRANSFER > KE BANK LAIN
  • Masukkan 009 (kode bank BNI) sebagai kode bank
  • Masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] sebagai rekening tujuan
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima. Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Pilih sumber pembayaran
  • Konfirmasi pembayaran anda
  •  Catatan:
    • Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM yang disediakan oleh ATM PRIMA, Bersama, dan LINK
    • Biaya tambahan akan dikenakan sesuai dengan kebijakan bank penerbit

2. SimobiPlus Mobile Banking

  • Masuk ke aplikasi SimobiPlus Mobile Banking.
  • Pilih Menu Send->Send Money to
  • Masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] ke dalam “Payee Account Number” dan masukkan 009 (Kode Bank CIMB Niaga) ke dalam “Bank Name or Code”, dan klik NEXT.
  • Pilih sumber pembayaran.
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima. Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Pilih “Transfer instantly” sebagai Transfer Type
  • Pilih Next kemudian konfirmasi transaksi dengan memasukkan Token

3. i-Bank Sinarmas

  • Masuk ke www.banksinarmas.com/PersonalBanking/
  • Pilih menu TRANSFER DANA > TRANSFER KE BANK LAIN
  • Pilih “Tambah Baru” di “Rekening Tujuan”. Kemudian masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] ke dalam “Nomor Rekening” dan masukkan “PT BANK NEGARA INDONESIA, TBK” sebagai “Nama Bank”. Pilih “Tipe Transfer” yang diinginkan, kemudian masukkan “DANAPAY” sebagai “Nama” dan tekan “Confirm”.
  • Di halaman konfirmasi, masukkan token autentikasi. Apabila autentikasi sukses, nomor Virtual Account akan ditambahkan.
  • Pilih sumber dana.
  • Pilih “ONLINE” sebagai “Cara Pengiriman”
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima dan click “Confirm”. Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Konfirmasi transaksi anda dengan memasukkan Token.

 

Bagaimana cara saya melakukan Pembayaran Merchant melalui Transfer Maybank?

1. Maybank2u

  • Masuk ke Maybank2u
  • Pilih menu MENU TRANSFER lalu masukkan username dan password
  • Pilih Transfer, kemudian pilh transfer antar bank dan pilih real time
  • Pilih Rekening Asal dan pilih Bank BNI sebagai Bank Penerima
  • Masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] sebagai rekening tujuan dan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima sebagai nominal. Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses. 
  • Konfirmasi transaksi detail dengan melakukan Request TAC dan masukkan TAC, kemudian klik “Agree”

2. Maybank sms+ Banking

  • Masuk ke Maybank SMS+ Banking
  • Pilih menu Transfer
  • Pilih Antar Bank
  • Pilih Rekening Sumber Dana dan masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima. Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses. 
  • Pilih 009 – BNI sebagai Bank Tujuan
  • Pilih “Input Rek lain..” dan masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] ke “Rekening Tujuan”
  • Konfirmasi transaksi dengan menekan “Kirim” dan balas OTP dengan mengikuti instruksi transaksi
  •  
  1.  

Bagaimana cara saya melakukan Pembayaran Merchant melalui Transfer Bank Lainnya?

ATM

  • Masukkan kartu ATM & PIN
  • Pilih menu TRANSAKSI LAINNYA > TRANSFER > KE BANK LAIN
  • Masukkan 009 (kode bank BNI) sebagai kode bank
  • Masukkan [no. VA yang tertera pada SMS yang anda terima] sebagai rekening tujuan
  • Masukkan jumlah yang ingin dibayar sesuai yang tertera pada SMS yang anda terima. Jumlah pembayaran harus sama dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Perbedaan jumlah pembayaran tidak akan diproses.
  • Pilih sumber pembayaran
  • Konfirmasi pembayaran anda
  •  Catatan:
    • Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM yang disediakan oleh ATM PRIMA, Bersama, dan LINK
    • Biaya tambahan akan dikenakan sesuai dengan kebijakan bank penerbit

Dimana saya dapat melihat riwayat transaksi DANA?

Anda dapat melihat riwayat transaksi DANA dengan cara:

  • Buka Aplikasi DANA.
  • Klik menu “transaksi”.
  • Riwayat transaksi DANA anda akan terbagi sebagai berikut:
    • Completed: untuk transaksi yang sudah dilakukan pembayaran, kadaluarsa dan refund.
    • In progress: untuk transaksi yang belum dilakukan pembayaran.

Apakah saya dapat mengetahui status pembayaran atau transaksi Merchant?

Anda dapat mengetahui status pembayaran atau transaksi merchant dengan memilih menu “Transaksi” pada halaman utama aplikasi DANA, adapun status pembayaran atau transaksi adalah sebagai berikut:

  • Jika pembayaran berhasil dilakukan, maka DANA akan menampilkan pesan “Sukses” dan juga mengirimkan SMS ke nomer ponsel Anda yang terdaftar di DANA.
  • Jika pembayaran gagal dilakukan, maka DANA akan menampilkan pesan “Gagal” beserta informasi detail mengapa transaksi tidak dapat dilakukan.
  • Anda kemudian dapat menekan tombol “Coba Lagi” untuk dapat mengulangi proses pembayaran atau memilih metode pembayaran lain yang Anda miliki.
  • Khusus untuk metode pembayaran Transfer Bank, transaksi akan ditAndai dengan status “Menunggu Transfer” dan transaksi tersebut akan ditAndai dengan status “Sukses” saat Anda telah melakukan pembayaran via transfer bank.

Berapa jumlah maksimal transaksi per bulan?

Sesuai dengan peraturan Bank Indonesia, kamu dapat melakukan transaksi hingga Rp 20.000.000 per bulan.

Bagaimana cara membatalkan transaksi DANA?

Terkait pembatalan transaksi, silakan menghubungi langsung merchant tempat Anda melakukan pembelian produk atau layanan tersebut. Apabila ada yang ingin Anda tanyakan terkait pengembalian dana, silakan hubungi Customer Care 24 jam DANA di nomor 1500445 atau email help@dana.id

Apakah ada biaya yang dikenakan kepada pelanggan ketika melakukan pembayaran menggunakan Saldo DANA?

Tidak ada tambahan biaya ketika melakukan pembayaran menggunakan Saldo DANA.

Apakah ada biaya administrasi bulanan?

Tidak ada biaya administrasi bulanan yang dibebankan ke pengguna DANA

Apa itu Voucher?

Voucher adalah semua jenis kupon dan kode yang diperoleh pengguna dari penggunaan layanan DANA dan disimpan di dalam saku/ Pocket pada aplikasi DANA.

Bagaimana cara mendapatkan voucher?

Ikuti promo yang sedang berlangsung di aplikasi DANA, merchant TIX ID, Bukalapak dan lainnya untuk mendapatkan voucher.

Bagaimana menggunakan Voucher?

Lakukan panduan dibawah ini untuk menggunakan Voucher DANA:

  1. Temukan DANA di IOS atau Android anda.
  2. Selamat Datang di DANA. Tap DANA
  3. Tap Pocket untuk akses DANA Voucher
  4. Cek rincian cara menggunakan DANA Voucher
  5. Tap DANA Voucher untuk membaca dengan seksama Syarat & Ketentuan
  6. Pilih transaksi yang dapat menggunakan DANA Voucher
  7. Pilih Nominal Pulsa atau Paket Data
  8. Lanjut ke Payment Detail
  9. Pilih Saldo DANA atau Kartu Debit/Kredit untuk menggunakan DANA Voucher
  10. Pembayaran otomatis dikurangi dengan DANA Voucher.
  11. Pembayaran berhasil!