logo-dana

Halo! Ada yang bisa kami bantu?

Kebijakan Privasi

Kebijakan Privasi terkait Data Pribadi Pengguna DANA (“Kebijakan Privasi”)

Pemberitahuan ini berlaku untuk layanan-layanan yang disediakan oleh PT Espay Debit Indonesia Koe (atau dikenal sebagai “EDIK”, “kami”, “kepunyaan kami”) dan menjelaskan bagaimana kami dapat mengumpulkan, menggunakan dan mengungkapkan “data pribadi” Pengguna, “informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi” atau informasi pribadi lainnya (secara kolektif, “Data Pribadi”) sehubungan dengan akses Pengguna ke dan penggunaan dari aplikasi mobile DANA (“Aplikasi DANA”).

Sebagaimana dijelaskan dengan lebih lengkap dalam Syarat dan Ketentuan Untuk Pengguna DANA (“Syarat dan Ketentuan”), Aplikasi DANA adalah sebuah aplikasi layanan gaya hidup yang terintegrasi yang dirancang oleh EDIK untuk para pengguna. Aplikasi DANA menyediakan pintu masuk (gateway) bagi para pengguna terdaftar untuk dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, termasuk berinteraksi dengan teman, mengakses informasi atau promosi-promosi dan melakukan pembayaran.

Aplikasi DANA disediakan gratis bagi Pengguna yang sudah terdaftar. Siapa pun yang tidak memiliki Akun DANA dapat mendaftar untuk memiliki Akun DANA (“Akun DANA”) dengan EDIK. EDIK merupakan lembaga non-bank yang telah memperoleh izin sebagai penerbit uang elektronik (stored value facility) yang berada dibawah pengawasan Bank Indonesia selaku otoritas yang mengawasi. Untuk penjelasan yang lebih rinci mengenai Kebijakan Privasi sehubungan dengan DANA silahkan melihat pada bagian yang terkait dalam Aplikasi Dana.

Dari waktu ke waktu, Pengguna harus memberikan pengkinian Data Pribadi Pengguna kepada kami sehubungan dengan akses dan penggunaan Aplikasi DANA. Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan atau dengan terus mengakses atau menggunakan Aplikasi DANA, Pengguna akan dianggap telah menyetujui dan telah mengetahui ketentuan-ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini sehubungan dengan pengumpulan, penggunaan, penyimpanan, pemindahan dan pengungkapan Data Pribadi Pengguna sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini.

Apabila Pengguna tidak memberikan Data Pribadi kepada kami, maka kami tidak dapat menyediakan layanan-layanan pada Aplikasi DANA atau untuk mematuhi peraturan perundang-undangan atau pedoman-pedoman yang dikeluarkan oleh pejabat dan instansi berwenang.

Dalam Kebijakan Privasi ini, kata "termasuk" tidak dapat diartikan terbatas.

A. PENGUMPULAN DATA PRIBADI

Kami dapat memperoleh Data Pribadi Pengguna dari berbagai sumber (misalnya dari Pengguna atau melalui pihak ketiga) termasuk:

  1. Informasi yang didapatkan (secara langsung atau tidak langsung) tentang komputer, perangkat telepon atau bagian dari perangkat keras lain yang digunakan untuk mengakses Aplikasi DANA (termasuk alamat IP Pengguna, lokasi geografis, tipe dan versi browser/platform, penyedia layanan internet, sistem operasi, sumber rujukan/laman keluar, lama kunjungan/penggunaan, tampilan halaman dan istilah pencarian apapun yang Pengguna gunakan) (“Informasi Perangkat”).
  2. Informasi yang didapatkan (secara langsung atau tidak langsung) ketika Pengguna membuat Akun DANA sebagai pengguna Aplikasi DANA, termasuk nama, tanggal lahir, alamat, nomor telepon dan alamat surat elektronik Pengguna (“Informasi Pendaftaran”).
  3. Informasi yang didapatkan (secara langsung atau tidak langsung) selama penggunaan Akun DANA, termasuk nomor rekening bank Pengguna, informasi tagihan dan pengiriman, data transaksi, nomor kartu kredit/debit dan masa berlaku serta informasi lainnya yang berasal dari cek atau wesel (“Infomasi Rekening”).
  4. Informasi Perangkat, Informasi Pendaftaran dan Informasi Rekening di atas dan informasi lainnya dapat diakses atau dikumpulkan (secara otomatis atau manual) pada saat Pengguna membuat Akun DANA sebagai Pengguna Aplikasi DANA dan/atau selama penggunaan Aplikasi DANA dan Akun DANA. Informasi di atas yang kami dapatkan mungkin merupakan Data Pribadi Pengguna. Kami telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa kami tidak mengumpulkan informasi Pengguna (apakah informasi tersebut merupakan Data Pribadi atau tidak) lebih dari apa yang kami perlukan untuk menyediakan layanan kami kepada Pengguna,

untuk melakukan fungsi-fungsi sebagaimana diatur dalam Bagian B pada Kebijakan Privasi ini, untuk melindungi Akun DANA Pengguna, mematuhi kewajiban hukum kami, melindungi hak-hak kami berdasarkan hukum, dan untuk menjalankan kegiatan usaha kami.

B. PENGGUNAAN DATA PRIBADI

Kami dapat menggunakan Data Pribadi yang kami dapatkan tentang Pengguna untuk tujuan berikut:

  1. Melakukan verifikasi kelayakan Pengguna untuk menggunakan fitur-fitur dan fungsi-fungsi dalam Aplikasi DANA
  2. Memproses pendaftaran Akun DANA Pengguna sebagai Pengguna Aplikasi DANA, memelihara dan mengelola pendaftaran Pengguna.
  3. Menyediakan layanan untuk Pengguna dan layanan pelanggan yang berkaitan dengan penggunaan Aplikasi DANA, termasuk berkolaborasi dengan DANA untuk memfasilitasi pembayaran atas pembelian barang dan jasa, pengiriman dan layanan terkait lainnya untuk pembelian, pengenaan pembayaran kembali (charge-back), mengirimkan pemberitahuan tentang transaksi-transaksi Pengguna dan menjawab pertanyaan, masukan, tuntutan atau perselisihan dari Pengguna.
  4. Menyediakan layanan untuk Pengguna dan layanan pelanggan yang berkaitan dengan penggunaan Aplikasi DANA yaitu untuk mempermudah Pengguna dalam mengidentifikasi Pengguna Aplikasi DANA lainnya pada saat Pengguna melihat buku alamat telepon selular Pengguna melalui Aplikasi DANA.
  5. Meningkatkan dan mengembangkan penawaran-penawaran kami melalui penelitian dan pengembangan fungsi-fungsi baru dari Aplikasi DANA atau produk dan layanan-layanan baru lainnya yang mungkin akan kami tawarkan dari waktu ke waktu.
  6. Melakukan penelitian, analisis statistik atau survei, baik secara lisan maupun tulisan, untuk mengelola dan melindungi bisnis kami, termasuk infrastruktur teknologi informasi, untuk mengukur kinerja Aplikasi DANA dan layanan-layanan lain yang kami tawarkan, serta untuk memastikan kepuasan Pengguna atas layanan kami.
  7. Melakukan analisa tren, penggunaan dan perilaku-perilaku lainnya (baik secara individual atau secara keseluruhan) yang membantu kami untuk lebih memahami bagaimana Pengguna dan kumpulan pengguna kami mengakses serta menggunakan Aplikasi DANA dan kegiatan komersial yang dilakukan dibaliknya, termasuk untuk tujuan peningkatkan layanan dan tanggapan terhadap pertanyaan serta preferensi pelanggan.
  8. Mengacu kepada diperolehnya persetujuan Pengguna sesuai dengan hukum yang berlaku sebagaimana dimaksud pada bagian D di bawah ini, maka kami dapat memberikan informasi pemasaran langsung kepada Pengguna sehubungan dengan layanan yang kami tawarkan dan afiliasi kami dan pihak ketiga terpilih untuk menggunakan Data Pribadi Pengguna untuk menghubungi Pengguna, melalui telepon, pesan singkat (SMS), surat elektronik, pos dan faksimili.
  9. Mengelola risiko, melakukan pengecekan atas kelayakan kredit dan kemampuan membayar (solvensi), atau menilai, mendeteksi, menyelidiki, mencegah dan/atau menangani penipuan atau kegiatan-kegiatan yang berpotensi yang dilarang atau illegal dan sebaliknya melindungi integritas platform teknologi informasi kami.
  10. Mendeteksi, menyelidiki, mencegah atau memperbaiki pelanggaran-pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan, semua kebijakan internal Aplikasi DANA, pedoman industry yang berlaku, pedoman-pedoman lain, undang-undang atau peraturan yang terkait.
  11. Melakukan pengungkapan sebagaimana yang mungkin disyaratkan oleh undang-undang atau peraturan negara manapun yang berlaku kepada kami atau afiliasi kami, pejabat pemerintah atau pihak ketiga, termasuk asosiasi kartu atau jaringan pembayaran lainnya. Pengungkapan juga dapat dilakukan sesuai dengan panggilan pengadilan, perintah pengadilan atau proses hukum lainnya atau suatu persyaratan di suatu negara manapun yang berlaku kepada kami atau afiliasi kami (termasuk persyaratan pelaporan anti pencucian uang dan pembiayaan kontra terorisme).
  12. Melakukan suatu pengungkapan untuk mencegah terjadinya suatu bahaya atau kerugian finansial, untuk melaporkan setiap dugaan kegiatan illegal atau untuk menghadapi setiap gugatan atau potensi gugatan yang diajukan terhadap kami atau afiliasi kami.
  13. Melakukan uji kelayakan dan penilaian lainnya atau evaluasi terhadap penggabungan, pengambilalihan, transaksi pembiayaan atau usaha patungan, yang aktual maupun yang akan dilakukan kemudian.
  14. Untuk tujuan bisnis lain yang sah seperti melindungi Pengguna dari kerugian, melindungi nyawa, menjaga keamanan produk dan sistem kami dan melindungi hak dan/atau properti kami lainnya.

Kami juga dapat menggunakan Data Pribadi Pengguna dengan cara lain, yang akan kami sertai dengan pemberitahuan khusus pada saat pengumpulan data tersebut atau yang selanjutnya telah disetujui oleh Pengguna.

C. PENGUNGKAPAN DATA PRIBADI

Data Pribadi Pengguna yang kami simpan akan dijaga kerahasiaannya, namun kami dapat memberikan informasi kepada pihak-pihak berikut (baik di dalam negeri atau luar negara tempat tinggal Pengguna) untuk tujuan-tujuan sebagaimana diatur dalam ketentuan B.1 sampai dengan B.13 di atas:

  1. Akun DANA dan layanan DANA lain yang sepenuhnya atau sebagian dimiliki oleh grup perusahaan.
  2. Agen, kontraktor atau penyedia layanan pihak ketiga yang bekerjasama dengan kami dalam menyediakan layanan untuk Pengguna, termasuk untuk mencegah penipuan, pengumpulan tagihan, memasukkan data, manajemen database, promosi, pemasaran, pelayanan pelanggan, layanan teknologi, pemberitahuan produk dan layanan, serta layanan perpanjangan pembayaran.
  3. Entitas-entitas dengan siapa kami memiliki hubungan referensi bisnis atau perjanjian-perjanjian komersial lainnya termasuk pihak ketiga dan entitas-entitas milik PT EDIK.
  4. Merchant dan organisasi lain, seperti asosiasi kartu, jaringan pembayaran atau institusi keuangan, kepada atau melalui siapa pembayaran-pembayaran tersebut dilakukan dengan menggunakan Aplikasi DANA, atau entitas-entitas lainnya yang memungkinkan penggunaan Aplikasi DANA.
  5. Institusi keuangan pihak ketiga, bank, agen penerimaan dan agen kredit.
  6. Penyedia layanan pemasaran pihak ketiga.
  7. Penasihat professional, lembaga penegak hukum, perusahaan asuransi, pemerintah dan pejabat berwenang atau instansi lainnya dimana PT EDIK berkewajiban untuk melakukan pengungkapan sesuai kebutuhan dan hukum yang berlaku, peraturan atau pengaturan komersial, termasuk pengaturan dengan asosiasi kartu atau jaringan pembayaran.
  8. Entitas-entitas yang terlibat dalam penggabungan, pengambilalihan, transaksi pembiayaan atau usaha patungan dengan kami.

D. KEGIATAN PEMASARAN LANGSUNG

Sebagaimana telah ditentukan pada ketentuan B.7 di atas, maka EDIK dapat bermaksud untuk menggunakan Data Pribadi Pengguna dalam kegiatan pemasaran langsung (Marketing & Promotion) dan pada masa yang akan datang, mendapatkan persetujuan Pengguna untuk ruang lingkup yang direncanakan dan cara yang dimaksud untuk aktivitas pemasaran langsung. Jika Pengguna kemudian memberikan persetujuan tersebut, harap perhatikan bahwa:

  1. Data Pribadi tertentu yang kami peroleh dari waktu ke waktu dapat digunakan dalam kegiatan pemasaran langsung dan promosi.
  2. Kami dapat menawarkan barang dan layanan kepada Pengguna, yang kami yakini relevan untuk Pengguna, yang mana persetujuan lanjutan dari Pengguna secara spesifik akan didapatkan. Hal ini termasuk barang dan layanan yang ditawarkan oleh kami, salah satu afiliasi kami, rekanan bisnis kami atau pihak ketiga terpilih, termasuk produk pembayaran dan keuangan.
  3. Kami dapat memberikan Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga tertentu untuk digunakan dalam memasarkan barang dan layanan mereka, termasuk (i) afiliasi kami (ii) rekanan bisnis dan (iii) pihak ketiga lainnya.
  4. Persetujuan Pengguna atas penggunaan Data Pribadi Pengguna untuk tujuan pemasaran langsung akan didapatkan dengan cara memilih untuk memberikan tanda centang pada kotak atau indikasi positif lainnya yang menunjukkan tidak adanya keberatan.
  5. Setiap saat Pengguna tidak ingin melanjutkan, menggunakan atau memberikan Data Pribadi Pengguna kepada pihak lain untuk digunakan dalam pemasaran langsung sebagaimana dijelaskan di atas dan dalam persetujuan yang terkait maka Pengguna dapat menggunakan hak “opt-out” dengan memberitahukan kepada kami.

E. TINDAKAN KEAMANAN DAN PENYIMPANAN

Kami mengambil semua langkah yang wajar dan semaksimal mungkin termasuk memberikan  perlindungan teknis, administrasi dan fisik untuk membantu melindungi Data Pribadi Pengguna yang kami proses, dari resiko kehilangan, penyalahgunaan dan akses tanpa izin, pengungkapan, perubahan dan penghancuran.

Kami akan menyimpan dan memastikan penyedia layanan kami untuk menyimpan Data Pribadi Pengguna hanya selama dibutuhkan untuk tujuan-tujuan yang sudah ditetapkan dalam Kebijakan Privasi ini dan sesuai dengan Kebijakan Privasi serta semua persyaratan berdasarkan peraturan yang berlaku.

Bagi Pengguna yang terdaftar di Akun DANA, maka Informasi Pendaftaran dan Informasi Rekening Pengguna (jika ada) dapat dilihat dan diubah dalam Aplikasi DANA melalui Akun DANA yang dilindungi oleh kata sandi atau kode PIN. Kami mengingatkan kembali kepada Pengguna untuk tidak mengungkap kata sandi atau kode PIN kepada siapa pun.

Karyawan atau petugas kami tidak akan pernah meminta kata sandi Pengguna dalam komunikasi melalui telepon atau melalui media email yang tidak diminta. Pengguna disarankan untuk tidak menyimpan informasi log-in Pengguna (misalnya: ID pengguna dan kata sandi) pada komputer yang dipakai bersama atau umum.

F. LAYANAN PIHAK KETIGA DAN SITUS WEB

Aplikasi DANA mungkin menyediakan tautan ke situs web dan layanan lain (termasuk aplikasi yang dioperasikan oleh pihak ketiga) untuk kemudahan dan informasi Pengguna. Layanan dan situs web ini mungkin beroperasi secara terpisah dari kami dan mungkin memiliki pemberitahuan atau kebijakan privasinya sendiri, kami sarankan Pengguna untuk membaca terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan apa pun atau menggunakan layanan situs web tersebut. Terhadap situs web yang tidak dimiliki atau dikendalikan oleh kami, kami tidak bertanggung jawab atas isi, praktik privasi, dan kualitas layanan tersebut.

G. PERUBAHAN ATAS KEBIJAKAN PRIVASI

Kami memegang hak eksklusif untuk mengubah, menambah atau merevisi pemberitahuan dan informasi ini dari waktu ke waktu.

H. BERHENTI MENERIMA E-MAIL PEMBERITAHUAN

Kami memiliki kebijakan untuk memilih masuk atau keluar dari basis data. Jika Pengguna ingin berhenti menerima email dari kami, silahkan mengklik tautan berhenti berlangganan yang disertakan dalam setiap email.

I. KETENTUAN LAIN

  1. Peraturan Data Pribadi ini tunduk, diatur, dan dilaksanakan sesuai dengan hukum Republik Indonesia.
  2. Jika terjadi perselisihan dalam interpretasi dan implementasi Kebijakan Privasi ini, Pengguna dan EDIK setuju untuk menyelesaikannya dengan cara musyawarah mufakat. Jika perselisihan tidak dapat diselesaikan melalui musyawarah tersebut, maka perselisihan wajib diselesaikan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
  3. Peraturan Data Pribadi ini dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dalam hal terjadi perbedaan antara versi bahasa Inggris dan versi bahasa Indonesia, versi bahasa Indonesia yang akan berlaku.
  4. Kami tidak menjamin keamanan database kami dan tidak menjamin bahwa data yang Pengguna berikan tidak mengalami gangguan saat sedang dikirim kepada kami. Setiap transmisi informasi oleh Pengguna kepada kami adalah risiko Pengguna sendiri. Pengguna tidak boleh mengungkapkan kata sandi kepada siapa pun. Seberapapun efektifnya suatu teknologi, tidak ada sistem keamanan yang tidak dapat ditembus.

J. PERNYATAAN

Dengan menggunakan Aplikasi DANA, Pengguna mengakui bahwa Pengguna telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini serta menyetujui penggunaan, pengolahan, dan pemindahan Data Pribadi sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini.

K. INFORMASI LEBIH LANJUT

Sehubungan dengan adanya hak Pengguna sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini, untuk mengakses atau memperbaiki Data Pribadi Pengguna atau memilih hak “opt-out” atau apabila Pengguna hendak mengajukan pertanyaan atau menyampaikan keluhan, silahkan menghubungi Layanan Pelanggan (Customer Service) DANA dibawah ini:

PT Espay Debit Indonesia Koe (DANA)
Gd. Capital Place Lantai 18
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 18, Jakarta Selatan, DKI Jakarta - 12710
Jam Operasional : Senin - Jumat, jam 08.30 - 17.00 WIB
Layanan Customer Care 24 jam : 1500445
Surel: help@dana.id