logo-dana

Halo! Ada yang bisa kami bantu?

Kebijakan Privasi

Kebijakan Privasi terkait Data Pribadi Pengguna DANA (“Kebijakan Privasi”)

KEBIJAKAN PRIVASI
AKUN PENGGUNA DANA
Berlaku sejak 1 Agustus 2020

  1. Pemberitahuan kepada Pengguna DANA
  2. Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi
  3. Penggunaan Data Pribadi
  4. Pengungkapan Data Pribadi
  5. Kegiatan Pemasaran Langsung
  6. Tindakan Keamanan dan Penyimpanan
  7. Layanan Pihak Ketiga dan Situs Web
  8. Perubahan atas Kebijakan Privasi Ini
  9. Berhenti Menerima Email
  10. Ketentuan Lain
  11. Pernyataan
  12. Menjaga Keamanan Data Anda
  13. Penyimpanan dan Penghapusan Data Anda
  14. Informasi Lebih Lanjut

Halo! Terima kasih telah menjadi Pengguna DANA!

Di DANA, kami ingin memberikan pengalaman bagi Anda sebaik mungkin dalam menikmati setiap layanan jasa keuangan yang kami berikan baik untuk saat ini maupun di masa mendatang. Privasi dan kemanan Data Pribadi anda akan selalu menjadi hal yang sangat penting bagi kami. Oleh karena itu, kami menguraikan secara transparan bagaiama cara kami mengumpulkan, menyimpan, dan menggunakan Data Pribadi anda sebagaimana dijabarkan di bawah ini.

  1. Umum

    Kebijakan Privasi ini berlaku untuk layanan-layanan yang disediakan oleh PT Espay Debit Indonesia Koe (“PT EDIK”) (atau dikenal sebagai “DANA”, “kami”, “kepunyaan kami”) dan menjelaskan bagaimana kami mengumpulkan, menggunakan, menyimpan, mentransfer, melindungi dan mengungkapkan “data pribadi” Pengguna, “informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi” atau informasi pribadi lainnya (secara kolektif, “Data Pribadi”) sehubungan dengan akses Pengguna ke dan penggunaan dari aplikasi mobile DANA (“Aplikasi DANA”).

    Sebagaimana dijelaskan dengan lebih lengkap dalam Syarat dan Ketentuan Untuk Pengguna DANA (“Syarat dan Ketentuan”), Aplikasi DANA adalah sebuah aplikasi layanan gaya hidup yang terintegrasi yang dirancang oleh PT EDIK untuk para pengguna. Aplikasi DANA menyediakan pintu masuk (gateway) bagi para Pengguna terdaftar untuk menggunakan layanan sistem pembayaran berupa uang elektronik, dompet elektronik, dan transfer dana, serta dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, termasuk berinteraksi dengan teman, mengakses informasi atau promosi-promosi dan melakukan pembayaran.

    Aplikasi DANA disediakan gratis bagi Pengguna yang sudah terdaftar. Siapa pun dapat mendaftar untuk memiliki akun pada Aplikasi DANA (“Akun DANA”) dengan PT EDIK yang merupakan lembaga bukan bank yang telah memperoleh izin sebagai penerbit uang elektronik (stored value facility), penyelenggara dompet elektronik, dan penyelenggara transfer dana, yang berada di bawah pengawasan Bank Indonesia selaku otoritas yang berwenang mengawasi penyelenggaraan sistem pembayaran.

    Dari waktu ke waktu Pengguna harus memberikan pengkinian Data Pribadi Pengguna kepada kami sehubungan dengan akses dan penggunaan Aplikasi DANA oleh Pengguna. Dengan menyetujui Kebijakan Privasi ini, Pengguna menyatakan telah memahami dan menyetujui ketentuan-ketentuan dalam pemberitahuan ini sehubungan dengan pengumpulan, penggunaan, penyimpanan, pemberian dan pengungkapan Data Pribadi Pengguna sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini.

    Apabila Pengguna tidak memberikan Data Pribadi tersebut kepada kami maka hal tersebut dapat menyebabkan kami tidak dapat menyediakan layanan-layanan Aplikasi DANA kepada Pengguna atau untuk mematuhi suatu peraturan perundang-undangan atau pedoman-pedoman yang dikeluarkan oleh instansi atau otoritas lainnya yang berwenang.

    Kata "termasuk" tidak bersifat membatasi.

    Data Pribadi termasuk tetapi tidak terbatas pada nama, alamat, tempat lahir, tanggal lahir, pekerjaan, nomor telepon, nomor faksimili, rekening bank, informasi kartu kredit dan/atau kartu debit (termasuk direct debit), jenis kelamin, nomor identitas yang diterbitkan oleh instansi atau otoritas yang berwenang (termasuk KTP, SIM, dan Paspor) atau tanda pengenal lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah, foto, kewarganegaraan, nomor telepon pengguna dan non-pengguna DANA yang terdapat dalam daftar kontak telepon seluler Pengguna DANA, serta informasi biometrik (termasuk namun tidak terbatas pengenalan wajah), serta informasi lain yang secara langsung maupun tidak langsung, baik secara terpisah atau bersama-sama dengan informasi lain, dapat digunakan untuk mengidentifikasi Pengguna.

    Mohon dapat membaca Kebijakan Privasi ini dengan seksama untuk memastikan bahwa sebagai Pengguna, anda memahami dan menyetujui dengan baik cara kami memperoleh, memproses, menggunakan, menyimpan, dan mengungkapkan Data Pribadi Pengguna.

    Kecuali didefinisikan lain dalam Kebijakan Privasi ini, istilah yang ditulis dengan huruf kapital memiliki arti yang sama dengan yang diberikan dalam Syarat dan Ketentuan.

  1. Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi

    DANA dapat memperoleh Data Pribadi Pengguna dari berbagai sumber (misalnya dari Pengguna atau melalui pihak ketiga) pada setiap saat, termasuk namun tidak terbatas, pada saat Pengguna mengakses Aplikasi DANA atau melakukan transaksi menggunakan Aplikasi DANA, di antaranya data sehubungan dengan:

    1. Informasi yang didapatkan (secara langsung atau tidak langsung) pada saat Pengguna mengakses Aplikasi DANA, sehubungan dengan informasi tentang komputer, perangkat telepon, bagian dari perangkat keras lain, perangkat lunak, serta jaringan telekomunikasi yang digunakan oleh Pengguna untuk mengakses dan menggunakan Aplikasi DANA (termasuk alamat IP Pengguna, lokasi geografis, tipe dan versi browser/platform, penyedia layanan internet, sistem operasi, sumber rujukan/laman keluar, lama kunjungan/penggunaan, tampilan halaman dan istilah pencarian apapun yang Pengguna gunakan) (“Informasi Perangkat”).
    2. Informasi yang didapatkan (secara langsung atau tidak langsung) ketika Pengguna mendaftar dengan rekening DANA untuk membuat Akun DANA termasuk nama, tanggal lahir, alamat, nomor telepon, alamat surel Pengguna, foto, dan kartu identitas (termasuk KTP, SIM, dan Paspor) (“Informasi Pendaftaran”).
    3. Informasi yang didapatkan (secara langsung atau tidak langsung) selama Pengguna menggunakan Aplikasi DANA, termasuk nomor rekening bank Pengguna, informasi tagihan dan pengiriman, data transaksi, nomor kartu kredit dan/atau debit dan tanggal kadaluwarsa kredit dan/atau debit, dan informasi lainnya dari cek atau wesel (“Infomasi Rekening”).
    4. Informasi yang didapatkan pada saat Pengguna melakukan pengkinian informasi atau pada saat lainnya sebagaimana dapat diminta oleh DANA kepada Pengguna apabila dibutuhkan dari waktu ke waktu.
    5. Informasi Perangkat, Informasi Pendaftaran dan Informasi Rekening di atas dan informasi lainnya dapat diakses atau dikumpulkan (secara otomatis atau manual) pada saat pendaftaran Pengguna dengan rekening DANA sebagai pengguna Aplikasi DANA dan/atau selama penggunaan Aplikasi DANA dan Akun DANA oleh Pengguna. Informasi di atas yang kami dapatkan mungkin merupakan Data Pribadi Pengguna. Kami telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa kami tidak mengumpulkan informasi (tanpa melihat apakah informasi tersebut merupakan Data Pribadi atau tidak) dari Pengguna lebih dari apa yang kami perlukan untuk menyediakan layanan kami kepada Pengguna, untuk melakukan fungsi-fungsi sebagaimana diatur dalam Bagian 3 dari Kebijakan Privasi ini, untuk melindungi Akun DANA Pengguna, mematuhi kewajiban hukum kami, melindungi hak-hak kami berdasarkan hukum, dan untuk mengoperasikan kegiatan usaha kami.

    DANA dapat mengumpulkan Data Pribadi Pengguna dari pihak ketiga (termasuk agen, vendor, pemasok, kontraktor, mitra, dan pihak lainnya yang memberikan layanan kepada DANA atau mitra-mitra lainnya yang bekerjasama dengan DANA. Dalam hal tersebut, pihak ketiga tersebut bertanggung jawab untuk memperoleh persetujuan dari pihak-pihak yang berwenang yang diperlukan dalam pengumpulan dan pengungkapan Data Pribadi Pengguna kepada DANA, dan DANA akan melakukan pengolahan Data Pribadi dengan bergantung pada persetujuan yang telah diperoleh oleh pihak ketiga tersebut. Dalam hal ini, DANA akan memanfaatkan Data Pribadi Pengguna untuk tujuan kerja sama DANA dengan pihak ketiga tersebut.

  1. Penggunaan Data Pribadi

    Kami dapat mengolah, menganalisis, dan/atau menggunakan Data Pribadi yang kami dapatkan tentang Pengguna untuk tujuan sebagai berikut maupun tujuan lain yang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, di antaranya:

    1. Memverifikasi kelayakan dan/atau kesesuaian data Pengguna untuk menggunakan fitur-fitur dan fungsi-fungsi dalam Aplikasi DANA ataupun verifikasi apapun yang menurut pertimbangan DANA diperlukan sebelum memberikan layanan kepada Pengguna atau sebelum DANA mendaftarkan Pengguna termasuk dan tidak terbatas pada proses Mengenal Pelanggan (Know Your Customer).
    2. Mengidentifikasi dan memproses pendaftaran Akun DANA Pengguna, serta memelihara dan mengelola pendaftaran Pengguna.
    3. Memproses dan mengelola Saldo DANA Pengguna.
    4. Menyediakan layanan untuk Pengguna dan layanan pelanggan yang berkaitan dengan penggunaan Akun DANA Pengguna termasuk berkolaborasi dengan DANA untuk memfasilitasi pembayaran atas pembelian barang dan jasa, pengiriman dan layanan terkait lainnya untuk pembelian, pengenaan pembayaran kembali (charge-back), mengirimkan pemberitahuan tentang transaksi-transaksi dan tagihan-tagihan Pengguna dan menjawab pertanyaan, masukan, keluhan, tuntutan atau perselisihan dari Pengguna.
    5. Menyediakan layanan untuk Pengguna yang berkaitan dengan penggunaan Aplikasi DANA oleh Pengguna yaitu untuk mempermudah Pengguna dalam mengidentifikasi Pengguna Aplikasi DANA lainnya pada saat Pengguna melihat buku alamat telepon selular Pengguna melalui Aplikasi
    6. Meningkatkan dan mengembangkan penawaran-penawaran kami melalui penelitian dan pengembangan fungsi-fungsi baru dari Aplikasi DANA atau produk dan layanan-layanan baru lainnya yang mungkin akan kami tawarkan dari waktu ke waktu.
    7. Melakukan penelitian, analisis statistik atau survei, baik secara lisan maupun tulisan, untuk mengelola dan melindungi bisnis kami termasuk infrastruktur teknologi informasi, untuk mengukur kinerja Aplikasi DANA dan layanan-layanan lain yang kami tawarkan serta untuk memastikan kepuasan anda atas layanan kami.
    8. Melakukan analisis tren, penggunaan dan perilaku-perilaku lainnya (baik secara individual atau secara keseluruhan) yang membantu kami untuk lebih memahami bagaimana Pengguna dan kumpulan pengguna kami mengakses serta menggunakan Aplikasi DANA dan kegiatan komersial yang dilakukan melalui Aplikasi DANA, termasuk untuk tujuan peningkatkan layanan dan tanggapan terhadap pertanyaan serta preferensi pelanggan.
    9. Mengacu kepada diperolehnya persetujuan Pengguna sesuai dengan hukum yang berlaku sebagaimana dimaksud di bagian 4 di bawah ini maka kami dapat menggunakan Data Pribadi untuk memberikan informasi pemasaran langsung kepada Pengguna sehubungan dengan layanan yang kami tawarkan dan afiliasi kami dan pihak ketiga yang telah dipilih menggunakan Data Pribadi Pengguna untuk menghubungi Pengguna, melalui telepon, pesan singkat (SMS), surel (e-mail), pos dan faksimili.
    10. Mengelola risiko, melakukan pengecekan atas kelayakan kredit dan kemampuan membayar (solvensi), atau menilai, mendeteksi, menyelidiki, mencegah dan/atau memperbaiki penipuan atau kegiatan-kegiatan yang berpotensi melanggar atau yang melanggar peraturan perundang-undangan dan kepentingan DANA, ataupun untuk melindungi integritas platform teknologi informasi kami.
    11. Mendeteksi, menyelidiki, mencegah atau memperbaiki pelanggaran-pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi, semua kebijakan internal DANA yang berlaku dari waktu ke waktu, standar industri, pedoman, undang-undang atau peraturan yang terkait.
    12. Melakukan pengungkapan sebagaimana yang mungkin disyaratkan oleh undang-undang atau peraturan dari suatu negara manapun yang berlaku terhadap kami atau afiliasi kami, pejabat pemerintah atau pihak ketiga, termasuk asosiasi kartu atau jaringan pembayaran lainnya serta asosiasi industri lain yang relevan. Pengungkapan juga dapat dilakukan sehubungan dengan panggilan pengadilan, putusan dan/atau perintah pengadilan, perintah aparat penegak hukum yang berwenang dalam rangka penyidikan, penyelidikan, atau proses hukum lainnya atau suatu persyaratan di suatu negara manapun yang berlaku kepada kami atau afiliasi kami (termasuk persyaratan pelaporan anti-pencucian uang dan anti-pendanaan terorisme).
    13. Melakukan suatu pengungkapan untuk mencegah terjadinya suatu bahaya atau kerugian keuangan untuk melaporkan setiap dugaan kegiatan illegal atau untuk menghadapi setiap gugatan atau potensi gugatan yang diajukan terhadap kami atau afiliasi kami.
    14. Melakukan uji kelayakan dan penilaian lainnya atau evaluasi terhadap penggabungan, pengambilalihan, pembiayaan transaksi atau usaha patungan yang aktual ataupun yang diusulkan.
    15. Memberitahu Pengguna mengenai segala pembaharuan pada Aplikasi DANA atau perubahan pada layanan DANA.
    16. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas aplikasi untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi Pengguna DANA terhadap fitur-fitur yang dimiliki atau akan dikembangkan kedepannya oleh DANA.
    17. Memantau dan menganalisis aktivitas, perilaku, dan data demografis Pengguna DANA termasuk kebiasaan dan penggunaan berbagai layanan yang tersedia di Aplikasi DANA.
    18. Menawarkan atau menyediakan layanan dari mitra-mitra ataupun afiliasi yang bekerja sama dengan DANA kepada Pengguna.
    19. Mengirimkan informasi, iklan, survei, promo, voucher, dan informasi-informasi lainnya yang dinilai relevan oleh DANA kepada Pengguna.
    20. Memberikan bantuan teknis atau dalam rangka menyelesaikan hambatan teknis dan masalah operasional yang terjadi pada aplikasi DANA.
    21. Memfasilitasi transaksi aset bisnis (yang dapat berupa penggabungan, akuisisi, spinoff/pemisahan atau penjualan asset) yang melibatkan DANA dan/atau afiliasi DANA.
    22. Untuk tujuan bisnis lain yang sah seperti melindungi Pengguna dan pengguna Aplikasi DANA lainnya dari kerugian, melindungi nyawa, menjaga keamanan produk dan sistem kami dan melindungi kepentingan, hak, dan/atau properti kami lainnya.

    Kami juga dapat menggunakan Data Pribadi Pengguna dengan cara lain, yang akan kami sertai dengan pemberitahuan khusus pada saat pengumpulan data tersebut untuk disetujui oleh Pengguna.

  1. Pengungkapan Data Pribadi

    4.1  Data Pribadi Pengguna yang kami simpan akan dijaga kerahasiaannya, namun kami dapat memberikan Data Pribadi Pengguna kepada pihak-pihak berikut (baik di dalam maupun di luar negara tempat tinggal Pengguna) untuk tujuan-tujuan sebagaimana diatur dalam ketentuan Bagian 3 di atas:

    1. Perusahaan anggota grup DANA dan perusahaan yang memiliki hubungan afiliasi dengan anggota grup DANA.
    2. Agen, kontraktor, dan penyedia layanan pihak ketiga yang bekerja sama dengan DANA dalam menyediakan layanan kami untuk Pengguna termasuk untuk mencegah penipuan, pengumpulan tagihan, memasukkan data, manajemen database, promosi, pemasaran, riset, survey, pelayanan pelanggan, layanan teknologi, pemberitahuan produk dan layanan serta layanan perpanjangan pembayaran.
    3. Entitas-entitas dengan siapa kami memiliki hubungan referensi bisnis atau perjanjian-perjanjian komersial lainnya termasuk pihak ketiga dan entitas-entitas yang sepenuhnya atau sebagian dimiliki oleh PT EDIK.
    4. Merchant dan organisasi lain, seperti asosiasi kartu, jaringan pembayaran atau institusi keuangan, kepada atau melalui siapa pembayaran-pembayaran tersebut dilakukan dengan menggunakan DANA, atau entitas-entitas lainnya yang memungkinkan penggunaan Aplikasi DANA oleh
    5. Institusi keuangan pihak ketiga, bank, agen penerimaan, lembaga pembiayaan, dan agen kredit.
    6. Pihak ketiga penyedia jasa
    7. Penasihat profesional, lembaga penegak hukum, perusahaan asuransi, pemerintah dan pihak berwenang atau instansi lainnya dimana PT EDIK berkewajiban untuk melakukan pengungkapan sesuai kebutuhan, permintaan yang sah, dan hukum yang berlaku, peraturan atau pengaturan komersial, termasuk pengaturan dengan asosiasi kartu atau jaringan pembayaran ataupun asosiasi industri lain yang relevan.
    8. Entitas-entitas yang terlibat dalam penggabungan, pengambilalihan, transaksi pembiayaan atau usaha patungan dengan kami.

    4.2  DANA juga dapat mengungkapkan dan membagikan Data Pribadi Pengguna dengan pihak-pihak yang disebutkan di atas untuk tujuan sebagai berikut ini:

    1. Untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan DANA kepada Pengguna dari waktu ke waktu.
    2. Jika disyaratkan atau diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku atau atas perintah dan/atau permintaan resmi dari otoritas, lembaga, institusi negara, dan/atau aparat penegak hukum.
    3. Untuk keperluan proses hukum dalam bentuk apapun antara Pengguna dengan DANA.
    4. Untuk tujuan audit, baik rutin maupun insidentil, sebagaimana diperlukan dari waktu ke waktu;
    5. Untuk keperluan pemrosesan izin, pendaftaran, ataupun pencatatan yang diperlukan untuk kegiatan usaha DANA;
    6. Untuk segala proses verifikasi yang diperlukan sebelum mendaftarkan Pengguna sebagai Pengguna, termasuk proses Mengenal Pelanggan (Know Your Customer).

    4.3  DANA tidak akan menjual atau menyewakan Data Pribadi Pengguna kepada pihak lain.

    4.4  Selain sebagaimana yang diatur di atas, DANA dapat mengungkapkan dan membagikan Data Pribadi Pengguna untuk tujuan maupun kepada pihak lain, setelah memperoleh persetujuan Pengguna untuk melakukan pengungkapan Data Pribadi tersebut.

  1. Kegiatan Pemasaran Langsung

    Sebagaimana telah ditentukan pada Bagian 3 butir 9 di atas, DANA dapat menggunakan Data Pribadi Pengguna dalam kegiatan pemasaran langsung (Direct Marketing) sewaktu-waktu. Dalam hal demikian, Pengguna akan diminta untuk memberikan persetujuan terhadap aktivitas pemasaran langsung yang akan dilakukan oleh DANA sesuai dengan ruang lingkup dan cara yang sepenuhnya sesuai dan mematuhi semua persyaratan yang ditetapkan dalam Bagian ini. Jika Pengguna kemudian memberikan persetujuan tersebut, harap perhatikan bahwa:

    1. Data Pribadi tertentu yang kami peroleh dari waktu ke waktu dapat digunakan dalam kegiatan pemasaran langsung dan promosi.
    2. Kami dapat memasarkan barang dan layanan yang kami yakini relevan untuk Pengguna, yang mana persetujuan lanjutan dari Pengguna secara spesifik akan didapatkan. Hal ini termasuk barang dan layanan yang ditawarkan oleh kami, afiliasi kami manapun, rekanan bisnis kami atau pihak ketiga yang telah dipilih, termasuk namun tidak terbatas pada produk pembayaran dan keuangan.
    3. Kami dapat memberikan Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga tertentu untuk digunakan dalam memasarkan barang dan layanan mereka, termasuk (i) afiliasi kami, (ii) rekanan bisnis, dan (iii) pihak ketiga lainnya.
    4. Persetujuan Pengguna atas penggunaan Data Pribadi Pengguna untuk tujuan pemasaran langsung akan didapatkan dengan cara memilih untuk memberikan tanda centang pada kotak atau indikasi positif lainnya yang menunjukkan persetujuan dan/atau tidak adanya keberatan.
    5. Setiap saat Pengguna tidak ingin melanjutkan, menggunakan atau memberikan Data Pribadi Pengguna kepada pihak lain untuk digunakan dalam pemasaran langsung sebagaimana dijelaskan di atas dan dalam persetujuan yang terkait maka Pengguna dapat menggunakan hak “opt-out” dengan memberitahukan maksud tersebut kepada kami melalui saluran komunikasi yang kami sediakan.
  1. Tindakan Keamanan dan Penyimpanan

    Kami mengambil semua langkah yang wajar dan semaksimal mungkin termasuk memberikan  perlindungan teknis, administrasi dan fisik untuk membantu melindungi Data Pribadi Pengguna yang kami proses dari suatu resiko kehilangan, penyalahgunaan dan akses tanpa izin, pengungkapan, perubahan dan penghancuran yang tidak diinginkan.

    Kami akan menyimpan dan memastikan penyedia layanan kami untuk menyimpan Data Pribadi Pengguna hanya selama dibutuhkan untuk tujuan-tujuan yang sudah ditetapkan dalam pemberitahuan ini dan sesuai dengan persyaratan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Data Pribadi Pengguna hanya akan disimpan selama diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya atau selama penyimpanan tersebut diwajibkan atau diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Bagi Pengguna yang terdaftar pada DANA maka informasi pendaftaran dan informasi Akun Pengguna (jika ada) dapat dilihat dan diubah dalam Aplikasi DANA melalui Akun Pengguna, yang dilindungi oleh kata sandi, kode PIN, atau metode pengamanan lainnya. Kami mengingatkan kembali kepada Pengguna untuk tidak mengungkapkan kata sandi atau kode PIN atau kunci pengamanan lain milik Pengguna kepada pihak manapun. Karyawan, petugas, agen, dan perwakilan kami tidak mengetahui dan tidak akan pernah meminta kata sandi Pengguna dalam komunikasi melalui telepon yang tidak diminta atau melalui media email yang tidak diminta. Jika Pengguna menggunakan perangkat yang dapat digunakan oleh orang lain (perangkat publik), maka Pengguna harus memilih untuk tidak menyimpan informasi log-in Pengguna (misalnya: ID pengguna dan kata sandi) pada perangkat tersebut. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan detail akun anda, termasuk kata sandi, kode PIN, dan One Time Password (OTP) dari siapapun dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang Anda gunakan.

  1. Layanan Pihak Ketiga dan Situs Web

    Aplikasi DANA mungkin menyediakan tautan ke situs web dan layanan lain (termasuk aplikasi yang dioperasikan oleh pihak ketiga) untuk kemudahan dan informasi Pengguna. Layanan dan situs web ini dapat beroperasi secara independen dari kami dan mungkin memiliki pemberitahuan atau kebijakan privasinya sendiri, kami sarankan Pengguna untuk membaca terlebih dahulu sebelum menggunakan layanan mereka atau melakukan kegiatan apa pun di situs web tersebut. Penyediaan tautan ke situs web dan layanan lain sifatnya hanya merupakan informasi saja. Kami tidak memberikan dukungan atau jaminan apapun terhadap konten dan informasi yang dimuat dalam tautan tersebut. Terhadap situs web yang Pengguna kunjungi yang tidak dimiliki atau dikendalikan oleh kami, kami tidak bertanggung jawab atas isi, praktik privasi, dan kualitas layanan tersebut.

  1. Perubahan atas Kebijakan Privasi ini

    DANA memegang hak eksklusif untuk mengubah, menambah, dan/atau merevisi pemberitahuan dan informasi terkait Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu, dalam hal mana Pengguna akan diminta untuk memberikan persetujuan terhadap Kebijakan Privasi yang telah diubah, ditambah, dan/atau direvisi. Apabila Pengguna tidak memberikan persetujuan terhadap Kebijakan Privasi yang telah diubah, ditambah, dan/atau direvisi tersebut, maka DANA memiliki kewenangan penuh untuk menghentikan penyediaan layanan-layanan dalam Aplikasi DANA kepada Pengguna.

    Anda setuju bahwa anda bertanggung jawab untuk meninjau Kebijakan Privasi ini secara berkala untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai pengolahan data dan praktik perlindungan data.

  1. Berhenti Menerima E-mail

    Kami memiliki kebijakan untuk memilih masuk atau keluar dari basis data. Jika Pengguna ingin berhenti menerima email dari kami, dapat mengklik tautan berhenti berlangganan yang disertakan dalam setiap email.

    Namun demikian, dari waktu ke waktu kami dapat mengirimkan e-mail, SMS, atau komunikasi lainnya yang kami anggap perlu untuk tujuan penyediaan layanan, dan bukan merupakan promosi. Anda tidak dapat memilih untuk tidak menerima e-mail, SMS, atau komunikasi lain tersebut.

  1. Ketentuan Lain
    1. Peraturan Data Pribadi ini tunduk, diatur, dan dilaksanakan sesuai dengan hukum Republik Indonesia.
    2. Jika terjadi perselisihan dalam interpretasi dan implementasi Peraturan Data Pribadi ini, Pengguna dan PT EDIK setuju untuk menyelesaikannya dengan musyawarah. Jika dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kalender Pengguna dan PT EDIK tidak dapat mencapai suatu kesepakatan melalui musyawarah tersebut, maka perselisihan tersebut akan diselesaikan dengan merujuk pada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
    3. Peraturan Data Pribadi ini dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dalam hal terjadi inkonsistensi dan/atau pertentangan antara versi bahasa Inggris dan versi bahasa Indonesia, maka versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku dan versi Bahasa Inggris akan dianggap menyesuaikan dengan versi Bahasa Indonesia.
    4. Kami akan menerapkan sistem pengamanan informasi yang kami anggap memadai dan sesuai dengan standar industri atau peraturan perundang-undangan. Namun, transmisi informasi melalui saluran komunikasi tidak sepenuhnya aman dan bebas dari celah. Dengan demikian, setiap transmisi informasi oleh Pengguna kepada kami memiliki risiko keamanan, dalam hal mana risiko tersebut ditanggung oleh Pengguna. Kami tidak menjamin keamanan database kami dan kami juga tidak menjamin bahwa data yang Pengguna berikan sepenuhnya tidak akan tertahan/terganggu saat sedang dikirim kepada kami.
  1. Pernyataan

    Dengan menggunakan Aplikasi DANA, Pengguna mengakui bahwa Pengguna telah membaca dan memahami Peraturan Data Pribadi ini dan menyetujui pengumpulan, penggunaan, pengolahan, penyimpanan, pengungkapan, dan penghapusan Data Pribadi sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini.

  1. Menjaga Keamanan Data Anda

    DANA berkomitmen untuk melindungi Data Pribadi anda sebagai Pengguna kami dimana kami berusaha mengimplementasikan langkah teknis sebaik mungkin, sesuai dengan standar industri atau peraturan perundang-undangan, untuk melindungi keamanan Data Pribadi anda. Namun, sebagai Pengguna, anda harus memahami bahwa tidak ada sistem yang sepenuhnya aman. Oleh karena itu, sebagai Pengguna, anda wajib menerapkan langkah-langkah untuk melindungi Akun DANA Pengguna dengan menjaga penguasaaan Nomor Ponsel dan Perangkat yang digunakan untuk mengakses Aplikasi DANA, serta menggunakan serta merahasiakan kata sandi dan/atau kode PIN yang kuat dan unik untuk mencegah akses yang tidak diinginkan.

  1. Penyimpanan, Akses, Koreksi, Pembaharuan, dan Penghapusan Data Anda

    13.1  DANA menyimpan Data Pribadi anda sebagai Pengguna selama diperlukan untuk menyediakan layanan DANA dan untuk tujuan bisnis yang sah dan penting, diantaranya:

    1. Dalam rangka mempertahankan kinerja dan kualitas layanan pada fitur-fitur DANA;
    2. Dalam rangka membuat keputusan bisnis berdasarkan data yang anda berikan untuk pengembangan produk-produk dan kualitas pelayanan kami;
    3. Dalam rangka menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan terkait akun anda, seperti chargeback, refund, ataupun sengketa lain, dimana kami akan menyimpan Data Pribadi anda sampai masalah tersebut terselesaikan;
    4. Dalam rangka memenuhi kewajiban hukum, pajak, audit, dan akuntansi kami, kami akan menyimpan Data Pribadi yang diperlukan selama periode yang disyaratkan berdasarkan hukum yang berlaku; dan
    5. Atau untuk tujuan lain seperti yang telah disebutkan diatas selama diperlukan untuk kepentingan bisnis kami yang sah, seperti untuk mencegah penipuan atau menjaga keamanan anda sebagai Pengguna DANA.

    13.2  Anda memiliki hak untuk meminta akses terhadap historis Data Pribadi yang pernah diserahkan kepada kami. Dalam hal demikian, kami akan menyediakan informasi tersebut dengan format yang kami tentukan, dengan memperhatikan kompabilitas dan praktik yang wajar. Anda dapat menyampaikan permintaan akses tersebut melaluiHelp Center yanf tersedia di aplikasi DANA, atau informasi kontak yang disediakan pada Bagian 14.

    13.3  Anda memiliki hak melakukan koreksi atau memperbarui Data Pribadi yang pernah diserahkan kepada kami. Anda dapat melakukan koreksi atau pembaharuan tersebut melalui Aplikasi DANA atau melalui Help Center yang tercantum di aplikasi DANA atau informasi kontak yang disediakan pada Bagian 14.

    13.4  Anda memiliki hak untuk meminta penghapusan terhadap Data Pribadi yang pernah diserahkan kepada kami yang sudah tidak relevan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Anda dapat menyampaikan permintaan penghapusan tersebut melalui Help Center yang tercantum di aplikasi DANA atau informasi kontak yang disediakan pada Bagian 14.

  1. Informasi Lebih Lanjut

    Apabila Pengguna hendak mengajukan pertanyaan atau menyampaikan keluhan, silahkan menghubungi Layanan Pelanggan (Customer Service) DANA dibawah ini:

    PT Espay Debit Indonesia Koe (DANA)
    Gd Capital Place Office Office Tower Lantai 18
    Jalan Jend. Gatot Subroto Kav 18, Jakarta Selatan 12710

    Jam Kerja: Senin – Jumat, pukul 08.30 – 17.00 WIB
    Telepon: 1500445
    Surel: help@dana.id

Dengan menyetujui Kebijakan Privasi ini, Anda mengakui bahwa Anda telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini dan menyetujui segala ketentuan yang tercantum didalamnya. Anda juga telah memberikan persetujuan kepada DANA untuk mengumpulkan, menggunakan, membagikan, mengungkapkan, menyimpan, mentransfer, atau mengolah Data Pribadi anda sesuai dengan Kebijakan Privasi ini.