logo-dana

Halo! Ada yang bisa kami bantu?

Akun dan Profil

Apa itu DANA?

DANA merupakan bentuk baru pembayaran dalam genggaman Anda. Dengan menggunakan DANA, anda bisa melakukan berbagai macam transaksi elektronik melalui berbagai layanan yang tersedia, seperti Saldo DANA, Transfer Bank, Kartu Kredit, dan juga Setor Tunai ke minimarket.

Apa itu akun DANA premium?

Akun yang telah terverifikasi melalui verifikasi biometrik dan identitas.

Apa keuntungan dari akun DANA premium?

  • Top up sampai dengan 10 Juta
  • Kirim Uang
  • Tarik Tunai
  • Penawaran spesial dan berbagai keuntungan lainnya

Apakah DANA bisa digunakan di semua jenis ponsel?

DANA hanya bisa digunakan pada ponsel berbasis iOS dan Android. 

Bagaimana cara menjadi akun premium DANA?

Lakukan hal berikut pada aplikasi DANA

  1. Foto Kartu Identitas
  2. Verifikasi Foto Wajah
  3. Isi nomor Identitas dengan benar
  4. Tunggu sampai proses validasi selesai dilakukan

Bisakah saya menggunakan akun DANA yang sama di beberapa ponsel?

Tidak bisa, satu akun DANA hanya bisa digunakan untuk satu ponsel.

Bagaimana cara mengganti nomor ponsel saya?

DANA ID (nomor ponsel) Anda hanya dapat diganti setiap 90 hari. Nomor yang sebelumnya telah Anda gunakan tidak dapat digunakan untuk ganti DANA ID dari nomor lain. Berikut cara mengganti nomor ponsel Anda:

  • Masuk ke aplikasi DANA, pilih menu "Saya''
  • Pilih 'Pengaturan'
  • Pilih 'No. Ponsel'
  • Tap "Ganti"
  • Silahkan pilih metode verifikasi yang Anda inginkan
    • Kirim kode OTP ke nomor lama
    • Saya sudah tidak memiliki nomor lama
  • Masukkan PIN akun DANA And
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan via SMS ke nomor DANA ID yang lama
  • Masukkan nomor DANA ID Anda yang baru (DANA ID Anda terhubung dengan nomor ponsel Anda untuk proses verifikasi keamanan akun DANA Anda) dan tap tombol 'Berikutnya'
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan via SMS ke nomor DANA ID yang baru
  • Muncul konfirmasi sukses melakukan perubahan nomor DANA ID dan Anda harus masuk kembali (re-login) ke akun Anda. 

Apa yang harus saya lakukan apabila ponsel saya hilang?

Segera hubungi Customer Care DANA untuk permintaan pembekuan akun DANA anda.

Apakah kata sandi (PIN) diperlukan?

Kata sandi (PIN) DANA diperlukan untuk transaksi dan mengamankan akun DANA apabila ponsel Anda hilang atau dicuri.

Apa yang harus saya lakukan jika lupa PIN DANA?

Jika Anda lupa dengan nomor PIN, silahkan ikuti panduan "Ganti PIN" atau ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pada aplikasi DANA, pilih menu 'Saya'
  • Pilih 'Pengaturan'
  • Pilih 'Ganti PIN'
  • Klik teks 'Lupa PIN DANA?'
  • Masukkan kode OTP yang Anda terima via SMS
  • Masukkan 6 (enam) digit nomor PIN baru Anda
  • Masukkan kembali 6 (enam) digit nomor PIN baru Anda
  • Muncul konfirmasi bahwa Anda telah berhasil mengubah PIN DANA Anda

Bagaimana cara saya mengganti PIN DANA saya?

  • Pada aplikasi DANA, pilih menu 'Saya'
  • Pilih 'Pengaturan'
  • Pilih 'Ganti PIN'
  • Klik teks 'Lupa PIN DANA?'
  • Masukkan kode OTP yang Anda terima via SMS
  • Masukkan 6 (enam) digit nomor PIN baru Anda
  • Masukkan kembali 6 (enam) digit nomor PIN baru Anda
  • Muncul konfirmasi bahwa Anda telah berhasil mengubah PIN DANA Anda

Akun diblokir karena salah memasukkan kata sandi (PIN)

Jika akun DANA terblokir karena salah memasukkan kata sandi (PIN) hingga 3 kali berturut-turut, silakan menunggu dalam waktu 1 jam dan akun Anda akan aktif secara otomatis.

Bagaimana cara menutup akun DANA?

Untuk saat ini, layanan penutupan akun DANA belum dapat dilakukan. Apabila masih memiliki saldo DANA, Anda dapat menggunakan saldo yang tersedia untuk layanan berikut:

  1. Transaksi online di Bukalapak untuk membeli produk e-commerce, pulsa/paket data, PLN, tiket pesawat & tiket kereta, membayar tagihan BPJS, air PDAM, dan lain-lain.
  2. Membeli tiket bioskop melalui aplikasi TIX-ID.
  3. Membeli voucher belanja melalui aplikasi Ramayana.

Bagaimana proses dilakukannya refund?

Hal dibawah ini yang memungkinkan terjadinya Refund:

  • Top up SALDO DANA melebihi Limit yang di tentukan.
  • Pembayaran nomor order yang sama lebih dari 1 kali (kecuali pembayaran melalui VA atau Minimarket).
  • Order abnormal.

Bagaimana melakukan pembukaan akun yang sebelumnya dibekukan?

Silakan hubungi Customer Care DANA untuk permintaan bantuan lebih lanjut.

Bagaimana cara saya melaporkan kalau ada permasalahan di akun saya?

Segera hubungi Customer Care DANA untuk permintaan bantuan lebih lanjut.