Hero Image
01 September 2020

Tips Mengelola Pendapatan Selama Pandemi

Lawan COVID-19

Karena di masa-masa seperti ini, perencanaan keuangan sangatlah penting.

Masa pandemi membuat banyak orang putar otak memenuhi kebutuhan hidupnya. Banyak orang yang menahan belanja untuk memupuk dana darurat dan tabungan, namun ada pula yang tak lagi bekerja sehingga membuat kehidupannya sulit. Perencanaan keuangan menjadi sangat penting dalam masa-masa ini. 


Berikut ini cara mengelola keuangan yang dapat kamu tiru selama pendapatan menurun di masa pandemi.


1. Simpan yang bisa kamu Simpan

 Selama pandemi, kamu disarankan untuk menyimpan dana-dana yang bisa disisihkan dan disimpan. Pupuklah dana darurat untuk dapat menutupi keperluan selama 6-12 bulan sesuai persiapan kamu. Jadi, setiap kali kamu dibayar, pastikan langsung menyisihkan uang itu terlebih dahulu dan kemudian jalani gaya hidup kamu dengan sisanya. 


2. Pikirkan dua kali sebelum menolak pekerjaan

 Cobalah untuk berpikir ulang sebelum menolak tawaran pekerjaan, meski gaji atau kriteria yang lainnya tak sesuai dengan pekerjaan kamu sebelumnya. Setidaknya, bekerja dapat membantu kamu menutupi sebagian besar tagihan dan mengatasi penurunan ekonomi. 


3. Cerdaslah mengelola keuangan

 Hindari utang, utamanya yang berbunga tinggi sehingga membuat kamu lebih rileks menjalani pengelolaan keuangan kamu.

 

4. Ciptakan berbagai aliran pendapatan 

Selain bekerja penuh waktu, tak ada salahnya bila kamu mencari pekerjaan tambahan untuk menutupi kebutuhan selama pandemi, atau setidaknya tidak menurunkan daya beli kamu. 


5. Lindungi kredit kamu

Jika tagihan kartu kredit sudah terlanjur membengkak, kamu mungkin perlu menghubungi penerbit kartu kamu dan meminta opsi keringanan seperti penangguhan pembayaran. Di sisi lain, kamu perlu membayar tepat waktu untuk menciptakan skor kredit yang bagus. 


TemanDANA, itu beberapa tips mengelola keuangan yang bisa dilakukan selama pandemi ini. Biasakan juga untuk selalu mencatat pemasukan dan pengeluaran dengan detail. Untuk memudahkan hal ini, TemanDANA bisa menggunakan Dompet Digital DANA untuk bertransaksi harian, sehingga semua arus kas tercatat dengan jelas. Dengan begini, evaluasi keuangan akan lebih gampang dilakukan.


Selengkapnya baca di sini.

(Erick)