Hero Image
06 November 2020

Nabung Emas Bisa Bikin Cuan di Masa Depan, Begini Tips & Triknya!

Ngobrolin Keuangan

​Kata-kata “nabung emas” pasti sudah gak asing lagi kan di telinga? Pilihan cara investasi yang satu ini dari dulu memang diminati banyak kalangan karena kemudahan dan nilainya yang relatif stabil, naik, dan terjaga.


Tapi walau bisa dibilang aman, ternyata ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan lho biar nabungnya bisa cuan!


“Waktu yang tepat buat nabung emas itu adalah kemarin”

– Humphrey, VP of Business Development Pluang


Kalau bicara tentang nabung emas, waktu yang baik untuk memulai itu memang secepatnya. Karena harga emas cenderung naik di masa depan. Jadi semakin cepat kita mulai nabung, semakin gampang juga kesempatan buat dapat untung.


Buat yang baru mau mulai, jangan khawatir karena sekarang nabung emas itu gampang banget. Kalau dulu investasi emas cuma sebatas kepemilikan fisik aja, sekarang nabung emas juga bisa dilakuin secara digital! Pastinya, dengan banyak keunggulannya:

Digital
Fisik

Harga lebih murah.

Harga lebih mahal karena ada biaya cetak.

Praktis, belinya bisa dari HP.

Belinya harus di toko.

Bebas transaksi kapan pun & di mana pun.

Transaksi tergantung jam buka toko.

Gampang pantau selisih harga jual & harga beli.

Susah pantau selisih harga jual & harga beli.

Nah, supaya bisa konsisten dalam nabung emas, kita bisa mulai dengan satu kebiasaan. Dalam dunia investasi, ada satu teori yang bisa kita terapkan, yaitu Dollar Cost Averaging: Berinvestasi dengan jumlah uang yang sama secara berkala terlepas dari harga asetnya.


Misalnya, di bulan ini cuma sanggup nabung emas sebesar Rp100Rb, usahakan juga bulan depan dan seterusnya tetap menabung Rp100Rb. Fungsinya buat melatih disiplin dan kebiasaan menabung dengan teratur.


Kalau sudah mulai nabung, kita juga harus perhatiin yang satu ini:


Kapan waktu yang tepat buat beli dan jual emas?


Secara pemahaman umum, waktu yang tepat untuk beli adalah saat harga emas sedang turun, dan jual saat harga emas sedang naik. Ada baiknya saat harga emas turun, beli emas lebih banyak dari biasanya. Kalau harganya naik, pastiin kita tetap beli & berinvestasi tapi dengan porsi yang diperhatikan.


Untuk prediksi kira-kira kapan naik turunnya harga emas, ada beberapa hal yang bisa jadi acuan.


Pada dasarnya, harga emas sangat bergantung sama kondisi ekonomi dunia. Harga emas biasanya akan naik saat kondisi di dunia sedang tidak stabil, contohnya karena pandemi seperti sekarang. Selain itu bisa juga saat pasar saham mengalami ketidakpastian dan dollar AS diprediksi turun/melemah.


Sebaliknya, harga emas bisa dipreksi turun saat kinerja pasar saham sangat baik, dollar AS menguat, atau saat permintaan konsumsi perhiasan atau teknologi diprediksi menurun.


Nabung Emas di eMAS


Di aplikasi DANA, ada fitur yang bisa memudahkan kita buat nabung emas, yakni eMAS. Lewat fitur hasil kerjasama dengan Pluang ini, kita bisa mulai nabung emas di mana pun & kapan pun dengan modal Rp9.000 -an aja lho! Murah banget kan?


Selain itu, nabung di eMAS juga dijamin aman karena sudah terdaftar di Bappebti & disimpan di Kliring Berjangkan Indonesia.


Kombinasi yang menarik banget gak sih, udah mudah, aman lagi. Makin gak ada alesan deh buat gak nabung emas. Yuk, nabung di eMAS sekarang!