Hero Image
13 May 2020

Gebrakan Daniel Mananta untuk DAMN! I Love Indonesia

Cerita Usaha

DAMN! I Love Indonesia. Sebelumnya gue mau nanya, empat kata ini familiar gak buat lo? Atau seenggaknya lo pernah liat saat lagi jalan-jalan di mal?


Hi TemanDANA! Gue Daniel Mananta dan gue mau sharing sedikit tentang bisnis gue di masa pandemi ini.


Gue gak pernah nyangka, dalam waktu kurang dari 10 tahun, DAMN! I Love Indonesia bisa buka offline store di mal-mal premium. Jujur, bisa ngeliat DAMN! I Love Indonesia bersanding sama brand-brand internasional itu jadi salah satu kebanggaan tersendiri sih buat gue. 


Tapi, bukan bisnis namanya kalo gak ada challenge.


Situasi pandemi kayak sekarang ini impact -nya berasa banget buat gue. Karena mal-mal harus ditutup sementara, bisa dibilang pemasukan DAMN! I Love Indonesia selama dua bulan kemarin jadi gak kayak biasanya.


Nah, kalo lo ngerasain hal yang sama, lo gak perlu khawatir karena lo selalu punya pilihan buat balikin keadaan. Buat gue, pilihan itu adalah fokus ngembangin platform online & terus ngeluarin “gebrakan”.


Gebrakan atau inovasi menurut gue jadi satu hal yang bisa bikin brand tetap eksis. Selama fokus ke online, gue pun selalu nyoba ngelakuin ini dari segi penjualan sampai strategi.


Misalnya belum lama nih, DAMN! I Love Indonesia bikin movement dan kolaborasi bareng banyak illustrator. And luckily, gebrakan kita ini disambut baik sama banyak orang dan bisa naikin penjualan. Lebih untung lagi proses shipping masih aman-aman aja, jadi orderan customer gue bisa sampai semua.


Dari dulu, DAMN! I Love Indonesia nyediain banyak pilihan shipping yang aman banget dan praktis. Salah satunya sekarang, lo bisa gunain DANA buat bayar ongkir di JNE.



Sebenernya, masih banyak lagi gebrakan-gebrakan lain yang lagi disiapin DAMN! I Love Indonesia. Jadi tungguin kejutannya ya!


Sebelumnya di Cerita Usaha: Pengrajin Sajadah di Tengah Wabah.