Hero Image
03 September 2020

Cara Aman Bertemu Teman di Era New Normal

Lawan COVID-19

Memasuki masa new normal, berbagai kegiatan yang awalnya sangat dibatasi kini mulai merenggang. Salah satu di antaranya termasuk kunjungan atau pertemuan dengan teman-teman.


Walau kita sudah sangat kangen buat bertemu, apalagi dengan teman dekat, kita tetap wajib menjaga dan menerapkan protokol kesehatan. Sebab bagaimanapun juga, risiko tertular atau menularkan virus corona tetap ada.


Untuk menghindari hal itu, berikut beberapa tips dalam menjaga dan melindungi diri sendiri maupun teman yang ditemui.


1. Jangan melepas masker

Saat bertemu sahabat, banyak orang tentu akan tergoda untuk melepas masker. Sebab selain memudahkan komunikasi, ini juga membuat kebersamaan lebih terasa. Namun perlu dipahami bahwa masker adalah alat pelindung diri yang paling disarankan selama pandemi. Jadi tahan diri untuk tidak melepas masker selama pertemuan.


2. Bertemu di ruangan terbuka

Dalam memilih tempat untuk bertemu, sangat disarankan memilih ruangan terbuka seperti taman atau restoran yang menawarkan duduk di luar. Sebab, para pakar mengatakan bahwa tempat tertutup dan ber-AC bisa membantu partikel virus menyebar lebih cepat. Sebaliknya, ventilasi udara yang baik bisa membantu menghempaskan infeksi yang tidak diinginkan.


3. Hindari bertukar barang

Selama pertemuan dengan teman, jangan pernah bertukar barang atau makanan bersama. Sebab, tetap ada risiko besar untuk penularan virus corona di sana. Jadi, simpan seluruh barang kita untuk diri sendiri.


4. Jangan berpelukan atau berjabat tangan

Tentu rasanya asing jika tidak memeluk atau sekedar bersalaman dengan teman saat bertemu. Namun patut dipahami bahwa tangan menjadi penyebar utama infeksi. Jadi untuk lebih amannya, coba saling bersentuhan siku atau kaki sebagai bentuk sapaan. Setidaknya ini tetap membuat kita akrab sambil mengambil tindakan pencegahan.


Itu dia 4 tips yang TemanDANA bisa lakukan saat akan bertemu atau kumpul dengan teman. Jika lokasi pertemuan di café atau restauran, pastikan juga untuk melakukan segala transaksi pembayaran menggunakan Dompet Digital DANA. Karena dengan metode pembayaran nontunai, akan bisa menghindari kemungkinan terpapar virus dari kontak langsung maupun uang tunai.


Selengkapnya baca di sini.

(Erick)