Hero Image
11 September 2020

Sukseskan Usaha di Masa Pandemi, Ini Tiga Kiat untuk Rangkul Konsumen

Lawan COVID-19

Geliat usaha kecil dan menengah di masa pandemi terlihat makin menjamur, mulai dari makanan, pakaian, hingga barang produksi dan jasa lainnya. Ini menjadi konfirmasi bahwa masa pandemi tenyata tidak menghalangi sebagian orang untuk berkreasi. Sebaliknya, perkembangan teknologi dan arus informasi dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk melebarkan usaha mereka.

 

Selain menguatkan keunggulan produk yang dimiliki, setiap usaha juga harus jeli dalam menangkap kesan dan pesan yang diutarakan konsumennya. Apalagi, kemudahan berbagi informasi turut andil dalam memudahkan konsumen membagikan kesan yang dimiliki. Hanya dalam sekalisentuh tombol di layar perangkat digitalnya, kesan positif atau negatif dari konsumen dapat diterima dengan mudah oleh para pelaku bisnis sebagai feedback atau masukan yang membangun.

 

Berkiprah lama dalam pelayanan konsumen membuat Juan Almer, Head of Customer Care DANA, semakin peka dalam menghadapi berbagai karakteristik pengguna. Bergerak dari pengalamannya dalam pelayanan konsumen, Juan membagikan tiga kiat mudah bagi pelaku usaha agar tetap mampu menjangkau konsumennya secara efektif di masa pandemi dan dengan memanfaatkan teknologi digital.

 

Utamakan Fleksibilitas

Di tengah ketidakpastiaan, setiap pelaku usaha dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan cepat terhadap perubahan yang ada. Maka, penting bagi pelaku usaha agar mampu menyelaraskan kebutuhan bisnis yang tercermin dari perilaku konsumen. Di samping dapat memuaskan konsumen, fleksibilitas ini juga menjadi kunci sukses untuk bersaing sehat dengan pelaku usaha lain.

 

Posisikan Diri sebagai Konsumen

Mengelola usaha di masa pandemi juga mengharuskan pelaku usaha untuk memikirkan efisiensi tanpa mengurangi kualitas. Dalam mengambil keputusan penting, pelaku usaha perlu memposisikan diri sebagai konsumen agar dampak yang terjadi bisa ditanggulangi. Jika sudah sesuai, aplikasikan bertahap dan pantau setiap masukan dari konsumen.

 

Dengar dan Simak Keinginan Konsumen

Untuk mempelajari keinginan konsumen, pelaku usaha perlu memiliki kemampuan untuk mendengar dengan baik. Lebih dari itu, penting bagi pelaku usaha untuk bisa menyikapi setiap masukan dengan lebih bijak. “Konsumen adalah proyeksi penting bagi usaha seseorang, karena mereka bisa menilai layanan dan wawasan agar pelaku usaha dapat berkembang semakin baik. Jadikan seluruh masukan sebagai acuan untuk memperbaiki usaha dan selalu apresiasi konsumen atas timbal balik yang diterima,” ungkap Juan. 


Bagi konsumen yang merupakan perintis usaha pemula, DANA menyediakan fitur DANA Bisnis. Fitur ini merupakan layanan yang memungkinkan pelaku usaha, terutama UMKM untuk mendaftarkan bisnisnya dengan mudah. Tanpa dipungut biaya apapun dan dalam waktu yang singkat, pelaku usaha mampu menjangkau lebih banyak konsumen dalam transaksi digital.

 

Dengan DANA Bisnis, pelaku UMKM dapat mengajukan pembayaran dengan nyaman dan aman melalui penggunaan QRIS kepada konsumen. Kemudahan ini ditunjang dengan kehadiran pendampingan UMKM melalui video edukasi bersertifikat dan promosi UMKM melalui fitur nearby di aplikasi DANA. Kemudahan berbisnis dengan menggunakan DANA juga ditunjang oleh fitur lain seperti Tarik Tunai, Kirim Saldo, dan fitur lain yang memudahkan proses transaksi pelaku usaha dengan UMKM.

 

Dengan menguatkan berbagai aspek tersebut, DANA yakin mampu menggerakkan perekonomian di Indonesia dan meciptakan digital ekonomi yang inklusif. Semoga berhasil ya, TemanDANA!