Hero Image
11 January 2021

5 Tips Membangun Bisnis

Tips Pasti


Ingin coba memulai bisnis? Simak 5 tips berikut ini.


Pandemi memang belum berakhir, tetapi bukan berarti kita tidak bergerak maju di 2021 ini. Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah dengan membangun bisnis. Dengan begini, kita akan bisa mendapatkan pemasukan tambahan dan membantu perekonomian keluarga.


Nah, berikut ini beberapa langkah untuk memulai bisnis di era pandemi ini:


1. Siapkan modal usaha

Yang namanya memulai usaha, pasti butuh modal. Banyak juga yang percaya, kalau semakin besar modal, semakin bagus hasilnya. Meski begitu, jangan gegabah dalam menghabiskan modal. Kita harus tetap realistis dan melihat kondisi, jangan sampai mengeluarkan modal terlalu besar, tapi hasilnya tidak terukur dan malah merugi.


2. Tidak menggambil dana darurat

Harus diingat, jangan sampai kita mengambil dana darurat untuk modal usaha. Harus ada alokasi sendiri untuk bisnis. Karena, jika bisnis kita berjalan pelan atau bahkan tidak berjalan, kita akan membutuhkan dana darurat untuk bertahan.


3. Melihat market dan berinovasi

Syarat penting dalam membuat bisnis adalah menganalisa pasar dan menentukan pasar yang ingin kita sasar. Dari situ, kita akan bisa membuat inovasi-inovasi dari produk atau jasa yang kita tawarkan sesuai dengan kebutuhan pasar.


4. Promosi dan kolaborasi

Apapun bisnis kita, promosi wajib kita lakukan. Satu yang paling efektif saat ini adalah promosi via digital dengan memanfaatkan media sosial. Selain itu, salah satu bentuk promosi yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan kolaborasi dengan brand atau pihak lain. Dengan begini, kita akan bisa saling bertukar market dengan teman kolaborasi kita, dan produk kita akan lebih dikenal luas.


5. Menerima pembayaran online

Fleksibilitas dalam bertransaksi sangat penting saat ini. Itu artinya, bisnis kita harus bisa menerima pembayaran secara online. Cara yang paling efektif adalah bergabung dengan DANA Bisnis, yang memang didesain untuk membantu pemilik usaha kecil dan mikro dalam memperoleh banyak pelanggan melalui pembayaran digital.


Selain itu, banyak banget keuntungan yang bisa TemanDANA dapatkan jika bergabung dengan DANA Bisnis ini. Selain diakomodasi dan diakselerasi, usaha kita juga akan mendapat pendampingan melalui video edukasi bersertifikat dan usaha kita dipromosikan melalui fitur nearby di aplikasi DANA. Mantapkan, TemanDANA?

 (Erick)