Hero Image
20 November 2020

5 Cara Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Tips Pasti

Karena di cuaca dingin yang tidak menentu, tubuh kita akan lebih rentan terserang virus apalagi jika sistem imunitas kita tidak terjaga.

Di musim hujan seperti ini, kita perlu lebih ekstra lagi untuk menjaga kesehatan tubuh. Meski sebenarnya penyakit yang dipicu oleh virus, bakteri, ataupun kelelahan tidak mengenal musim, namun cuaca dan temperatur udara yang tidak menentu menjadi tantangan tersendiri.

Untuk itu, kita perlu untuk menjaga agar daya tahan tubuh kita tetap stabil. Karena ketika sistem imunitas atau daya tahan tubuh berfungsi secara normal, ia akan mendeteksi substansi asing yang mengancam tubuh, seperti bakteri, virus, dan parasit dan menjaga badan kita agar tetap fit.

Menjaga kesehatan tubuh di musim hujan sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Namun seringkali karena segudang aktivitas, kita kerap abai terhadap masalah kesehatan. Lantas, apa saja yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita di musim hujan? Simak beberapa di antaranya:

 

1. Selalu bawa payung dan jaket

Payung dan jaket wajib banget kita bawa selama musim hujan. Bahkan meski kita berpergian dengan mobil, kita tetap butuh payung ketika kita parkir di area terbuka dan sedang hujan. Bawalah payung lipat agar lebih praktis, atau gunakan jaket hoodieberbahan parasut anti air.


2. Konsumsi makanan bersih dan sehat

Kita perlu memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat musim hujan. Konsumsilah makanan yang bersih dan sehat dan lebih baik lagi jika menambah porsi sayur dan buah dalam makanan kita sehari-hari. Selain itu, pastikan juga agar tubuh kita tetap terhidrasi dengan baik. Disarankan untuk kita minum sedikitnya 8 gelas per hari. Kondisi tubuh yang terhidrasi dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

 

3. Berolahraga

Tetaplah berolahraga dan beraktivitas fisik untuk menjaga imun dan kesehatan tubuh kita di musim hujan. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mendukung daya tahan tubuh bekerja sebagaimana mestinya. Sebuah studi mengungkapkan, olahraga 20 menit dapat menstimulasi daya tahan dan menaikkan imun tubuh dalam memproduksi respon anti peradangan.


4. Rajin mencuci tangan

Karena penularan virus yang mudah melalui kontak fisik, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan tangan. Cuci tangan hingga bersih untuk mencegah penyebaran kuman penyakit. Kita bisa menggunakan hand sanitizer ke mana pun pergi untuk meminimalkan risiko penularan penyakit. Lakukan langkah sederhana ini sebagai cara menjaga kesehatan Anda di musim hujan.


5. Konsumsi vitamin

Jika tubuh kekurangan mikronutrien seperti zinc, selenium, zat besi, asam folat, serta vitamin A, B6, C, dan E, bisa memengaruhi penurunan daya tahan tubuh dan memudahkan penyakit mampir ke tubuh kita. Selain dari makanan bernutrisi tinggi, kita bisa mendapat asupan ini dari suplemen multivitamin, yang baik kita konsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh kita di musim hujan.

TemanDANA bisa membeli multivitamin ini di healthcare store atau apotek terdekat. Jika ingin lebih praktis tanpa harus keluar rumah, TemanDANA bisa mendapatkannya di merchant DANA Eazy Shop. Cukup masuk ke aplikasi DANA, tap di bagian Home Shopping, cari dan pilih merchant healthcare yang diinginkan, dan memesan langsung dari sana. Mudah, nyaman, dan aman.

 

Itu dia beberapa kiat untuk menjaga tubuh kita tetap fit selama musim hujan. Jika di lingkungan sekitar kita ada yang sakit seperti terkena flu, pastikan agar kita semua menggunakan masker untuk mencegah terjadinya penularan. Penyakit seperti ini sangat mudah menular di musim hujan meskipun tubuh kita sedang sehat. Tetap fit dan sehat selalu ya, TemanDANA! (Erick)