Hero Image
11 Februari 2021

Tips Tingkatkan Omset Bisnis Online

Tips Pasti


Pandemi memberi tantangan tersendiri bagi para UMKM untuk menjalankan bisnisnya. Untuk bisa bertahan, kita, pelaku UMKM, harus melakukan berbagai inovasi dan terus beradaptasi. Bahkan, alih-alih menyerah dengan keadaan, kita justru harus bergerak untuk meningkatkan omset kita di tengah pandemi ini. 


Apakah mungkin? Dengan strategi yang tepat, rasanya hal ini bisa saja kita wujudkan. Salah satu caranya adalah tentu dengan beradaptasi dengan teknologi seperti keberadaan marketplace dan media sosial.


Lalu langkah strategi apa saja yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan omset usaha kita di 2021 ini? Coba disimak ya, TemanDANA.


1. Riset tren

Selalu lakukan riset terlebih dahulu. Cari tau produk seperti apa yang sedang tren dan disukai masyarakat, berapa harga jual yang sesuai, siapa target market kita, dan lain sebagainya. Hal ini akan membantu kita dalam berjualan nantinya.

 

2. Maksimalkan marketplace

Saat ini, kita wajib memasarkan produk kita secara online. Untuk itu, kita harus memaksimalkan penjualan menggunakan berbagai marketplace yang ada guna meraih lebih banyak pelanggan. Untuk mendapatkan hasil terbaik, kita  perlu memilih judul yang pas, menampilkan foto produk yang menarik, dan bisa juga sesekali memasang iklan di marketplace untuk meningkatkan awareness produk kita.


3. Optimalkan social media

Promosi via social media sudah pasti harus kita lakukan. Bahkan, lebih dari promo, kita juga bisa menggunakan social media, seperti instagram, untuk berjualan produk/ jasa bisnis kita. Sedikit tips, pastikan kita membuat konten sosmed kita dengan baik dan maksimal, karena hal ini dapat berdampak pada peningkatan jumlah impression, engagement, dan followers akun kita, yang juga dapat meningkatkan omset penjualan. Gunakan juga hashtag atau kata kunci yang sesuai.


4. Menerima pembayaran online

Di masa sekarang ini, fleksibilitas dalam bertransaksi sangatlah penting. Ini artinya, bisnis kita harus bisa menerima pembayaran secara online. Cara yang paling efektif adalah bergabung dengan DANA Bisnis, yang memang didesain untuk membantu pemilik usaha kecil dan mikro dalam memperoleh banyak pelanggan melalui pembayaran digital.


Selain itu, masih banyak keuntungan lain yang bisa TemanDANA dapatkan jika bergabung dengan DANA Bisnis. Selain diakomodasi dan diakselerasi, usaha kita juga akan mendapat pendampingan melalui video edukasi bersertifikat dan usaha kita dipromosikan melalui fitur nearby di aplikasi DANA. So, tunggu apa lagi? Langsung aja daftarin usaha kamu di DANA Bisnis dan tingkatkan omset bisnis kita di 2021 ini.


Cek selengkapnya mengenai DANA Bisnis di sini.

(Erick)