logo-dana
blog page banner blog page banner
Blog Article Detail
16 October, 2020

Tips Sukses Bisnis Kopi

Cerita Usaha

Bisnis coffee shop di Indonesia saat ini bisa dibilang masih bersinar. Meski sempat terdampak pandemi, cahayanya masih belum padam. Dengan berbagai adaptasi strategi, bisnis ini masih terus berjalan dan bahkan berkembang lebih besar.


Buktinya, masih selalu bermunculan coffee shop baru di berbagai wilayah, dan masing-masing memiliki segmen dan peminatnya sendiri. Start up coffee shop yang sudah berjalan juga terlihat terus ekspansi, dan beberapa bahkan mendapatkan dana investor yang fantastis jumlahnya. Dengan tren yang terus stabil dan cenderung meningkat, tidak heran banyak pebisnis yang tertarik dengan usaha kopi ini.


Namun, merintis bisnis coffee shop ini tidak bisa dibilang mudah juga. Pasalnya, persaingan terbilang sangat ketat di sini. Belum ditambah dengan kondisi pandemi yang sedikit banyak mengubah kebiasaan masyarakat dalam mengonsumsi kopi, sehingga penyesuaian strategi diperlukan untuk bertahan.


Meski begitu, peluang untuk meraih kesuksesan di bisnis coffee shop ini masih sangat mungkin terjadi. Nah, jika TemanDANA ingin mencoba menggeluti bisnis kopi ini, beberapa tips sukses bisnis kopi di bawah ini bisa disimak.


1. Update dengan tren pasar

Pengetahuan akan tren di masyarakat adalah modal penting dalam menjalankan bisnis, termasuk di bisnis coffee shop. Tips sukses bisnis kopi pertama, kita harus update mengenai tren kopi saat ini. Mulai dari rasa favorit masyarakat, desain packaging, harga, bahkan sampai desain interior coffee shop. Semua ini akan menentukan posisi dan kelas dari produk kita nantinya.


2. Maksimalkan media sosial

Saat ini, digital marketing adalah nyawa dari pemasaran sebuah produk. Salah satunya adalah lewat media sosial. Kita harus memaksimalkan peran media sosial untuk mengembangkan bisnis coffee shop ini. Tips sukses bisnis kopi selanjutnya, uatlah konten yang menarik, yang bisa membuat pelanggan penasaran mencoba produk kita. Berbagai program promo penjualan juga bisa kita jalankan via media sosial ini.


3. Berikan kualitas terbaik

Biar bagaimanapun, dalam bisnis F&B, yang terutama adalah rasa. Hal ini adalah kunci kesuksesan. Tips sukses bisnis kopi selanjutnya adalah pastikan produk kita memilik rasa yang enak dan menggunakan bahan baku berkualitas. Selain produk, jangan lupa juga memberikan pelayanan yang berkualitas yang bisa membuat konsumen merasa nyaman dan puas.


4. Unik

Tips sukses bisnis kopi yang terkahir adalah kita juga perlu memiliki sesuatu yang unik, baik itu di produk, kemasan, atau ambience dari coffee shop kita. Keunikan ini akan menjadi selling point kita nantinya. Salah satu contoh yang bisa kita liat adalah Fore Coffee, yang memiliki konsep futuristik dan eco-friendly.

Fore Coffee yang namanya berasal dari kata forest (hutan), menawarkan aneka minuman kopi dengan biji kopi pilihan berkualitas, mesin kopi yang canggih, dan disajikan dengan kemasan yang ramah lingkungan. Hal inilah yang dijadikan signatureimage dari Fore Coffee. Oh iya, TemanDANA bisa membeli kopi di Fore dengan DANA lho.


Bagaimana, apakah TemanDANA sudah siap membuka bisnis coffee shop dengan empat tips sukses bisnis kopi di atas? Pastikan untuk menyiapkan rencana dan strategi bisnisnya dengan matang ya. Dan jika ingin membeli mesin kopi dan peralatan kopi lainnya, TemanDANA bisa mencarinya di marketplace bukalapak via Home Shopping DANA. Beragam varian kopi mulai dari biji kopi sampai kopi yang sudah digiling juga tersedia di sana.


Selamat berusaha! (Erick)