Hero Image
06 November 2020

Tips Mengatur Keuangan saat Pandemi

Ngobrolin Keuangan

​Dampak COVID-19 terhadap perekonomian memang luar biasa. Untuk itu, mengatur ulang strategi manajemen baik untuk keuangan pribadi dan keluarga sangatlah penting  bagi kita di musim pandemi seperti saat ini, agar kondisi keuangan yang tetap stabil dan siap untuk menghadapi berbagai risiko terburuk yang bisa terjadi.

Berikut beberapa tips mengatur keuangan pribadi di tengah kondisi pandemi COVID-19 saat ini:

1. Evaluasi Anggaran

Pandemi mungkin mengubah jumlah pemasukan kita. Untuk itu, kita perlu mengevaluasi dan mengatur ulang anggaran keuangan bulanan kita. Alokasi anggaran ini perlu kita lakukan di awal, agar semua kebutuhan pokok, tabungan, ataupun investasi bisa terpenuhi. Ingat, kita harus disiplin dalam menjalankannya sesuai dengan pos-pos keuangan yang telah ditetapkan.

2. Hemat

Saat ini, penting bagi kita mengendalikan diri untuk tidak konsumtif. Belanjalah sesuai kebutuhan, bukan keinginan semata. Kita bisa membuat anggaran khusus belanja dan pastikan tidak spending melebihi budget yang sudah kita buat. Hindari juga berhutang/ mencicil untuk barang-barang konsumtif. Untuk kondisi pandemi seperti saat ini, berhemat dan menyimpan setiap uang yang jauh lebih penting daripada membeli sesuatu yang bersifat tertier.

3. Cari Penghasilan Tambahan

Mencari penghasilan tambahan sangat disarankan di era seperti ini. Kita bisa mulai mencari pekerjaan lain secara paruh waktu atau membuka bisnis online dari sekarang. Karena sesungguhnya di masa pandemi ini peluang bisnis masih tersedia jika kita cermat melihatnya.  

4. Menyiapkan Dana Darurat

Memiliki dana darurat di situasi saat ini sangatlah penting. Idealnya kita memiliki 6 kali biaya hidup bulanan kita. Usahakan kita memenuhi tabungan darurat ini terlebih dahulu. Jika pos ini sudah tercapai dan kita masih memiliki sisa saldo, kita bisa mengalihkannya ke investasi.

5. Investasi

Setelah dana darurat terkumpul, kita bisa mengalokasikan dana yang kita miliki untuk investasi. Kita bisa mencoba membeli produk reksadana, saham, membuka deposito, tabungan berjangka, atau emas, misalnya.

Saat ini, memiliki tabungan emas sangatlah mudah dilakukan dan bisa dilakukan dari mana saja menggunakan smartphone. Ya, TemanDANA bisa membelinya melalui fitur DANA eMAS di aplikasi DANA. Transaksi jual beli dapat dilakukan dengan sangat mudah, praktis, dan aman, dengan harga yang kompetitif.

Nah, itu dia beberapa tips keuangan yang bisa TemanDANA lakukan di masa pandemi ini. Tetap semangat dalam mengatur keuangan kita! Sehat selalu ya, TemanDANA! (Erick)