Hero Image
28 Desember 2020

Tips Investasi Emas Buat Pemula

Tips Pasti

TemanDANA pasti sering mendengar kalau emas merupakan salah satu pilihan investasi minim risiko dan aman dibandingkan instrumen investasi lainnya. Dianggap aman karena emas memiliki nilai yang cenderung stabil dalam jangka waktu panjang. Selain itu, kelebihan lainnya dari emas adalah bisa kita jual dengan cepat alias memiliki likuiditas tinggi.


Oleh karena itu, emas bisa menjadi salah satu pilihan investasi yang tepat  buat kita. Nah, untuk TemanDANA yang tertarik mencoba, berikut beberapa tips cara investasi emas yang bisa dilakukan:


1. Tentukan tujuan dan buat perencanaan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan dalam berinvestasi emas. Misalnya berinvestasi emas untuk biaya pernikahan, untuk dana pendidikan anak di masa depan, untuk biaya naik haji, traveling keliling dunia, atau lainnya. Dengan begini, kita bisa melakukan perencanaan untuk mencapai tujuan tersebut.


2. Gunakan “uang dingin”

Berinvestasi haruslah dimulai dengan dana lebih yang tidak terpakai dalam waktu dekat. Istilah sebagian orang, “uang dingin”. Jadi, bila setiap bulan kita memiliki surplus, maka kelebihan dana dapat dialokasikan ke dalam investasi agar berkembang untuk penggunaan masa depan. Tapi sebelumnya, kita harus memiliki dana cadangan darurat yang memadai sebelum berinvestasi. Ingat ya, TemanDANA, jangan sampai kita berutang untuk mendapatkan keuntungan berinvestasi.


3. Perhatikan waktu yang tepat

Kita perlu mempelajari bagaimana kecenderungan tren pergerakan harga emas di pasaran. Hal ini untuk menentukan waktu terbaik untuk membeli atau menjual emas agar mendapat keuntungan yang optimal. Waktu yang tepat untuk membeli emas adalah ketika harganya sedang turun dan menjualnya ketika harganya naik. Investasi emas sebaiknya disimpan dalam jangka waktu menengah panjang, seperti lebih dari 5 tahun, untuk mendapatkan manfaat optimal.


4. Pilih jenis emas yang sesuai

Bagi pemula disarankan untuk berinvestasi dalam bentuk logam mulia. Investasi emas logam mulia lebih menguntungkan dan lebih cocok dipakai sebagai simpanan masa depan dibandingkan investasi emas dalam bentuk perhiasan, yang harga jualnya cenderung lebih rendah karena dipengaruhi oleh komponen biaya, seperti biaya pembuatan, jumlah karat, nilai seni, model, dan depresiasi harga.


5. Pastikan membeli di tempat yang tepat

Hal ini penting. Jangan sampai kita membeli emas di tempat yang tidak kredibel dan tidak terjamin.


Nah, jika ingin coba memulai berinvestasi emas yang aman dan terpercaya, TemanDANA bisa membelinya di DANA eMAS via aplikasi DANA. Untuk bisa memanfaatkan fitur ini, TemanDANA harus upgrade ke akun DANA premium terlebih dulu. Caranya mudah kok, hanya bermodalkan Kartu Tanda Penduduk dan foto diri (selfie).


Kalau sudah, kita bisa menekan tombol fitur DANA eMAS dan bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram atau kurang dari Rp 10.000 secara langsung tanpa biaya tambahan. Selain melakukan jual dan beli, TemanDANA juga bisa membeli emas dengan memanfaatkan program cicilan 3 sampai 24 bulan.


Investasi emas melalui DANA eMAS dijamin aman. Sebab, DANA bekerja sama dengan Pluang yang berada di bawah PT PG Berjangka sudah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), sedangkan emas kita disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (KBI).


Jadi, tunggu apa lagi, TemanDANA? Dengan harga kompetitif, transaksi jual-beli emas di sini sangatlah praktis, nyaman, dan aman. Selamat berinvestasi! (Erick)