Hero Image
04 Oktober 2020

Tips Alihkan Dana Traveling untuk 4 Kebutuhan Finansial

Tips Pasti

Di masa pandemi ini penting untuk kita mengatur keuangan sesuai berdasarkan prioritas kebutuhan. Bagi, para pejalan yang suka traveling, kegiatan tersebut bisa jadi harus ditunda selama masa pandemi. 


Alokasi dana untuk traveling pun bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan finansial lainnya.  Berikut ini tips mengelola dana traveling “nganggur” yang tak terpakai saat pandemi.


1. Melunasi utang

Jika dana traveling yang tak terpakai mencukupi untuk melunasi utang, maka sebaiknya kita melakukannya. Di masa pandemi yang serba tidak menentu, sebaiknya kita membebaskan diri dari berbagai beban keuangan, termasuk utang. Jika utang kita ada di lebih dari satu institusi keuangan, pilihlah yang bunganya paling besar terlebih dahulu.


2. Dana Darurat

Dana darurat adalah uang yang tersedia dan mudah diambil sewaktu-waktu kita membutuhkannya. Pos dana darurat jadi solusi untuk kebutuhan yang tidak disangka-sangka, emergensi, yang memerlukan penanggulangan segera. Dalam kondisi pandemi seperti ini, sebaiknya jumlah uang di kantung dana darurat diupayakan minimal 6 kali pendapatan/ pengeluaran bulanan.


3. Menambah portofolio investasi

Bagi yang sudah berinvestasi, dana traveling yang tak terpakai tentu dapat dimanfaatkan untuk menambah portofolio investasi, entah itu dalam bentuk deposito, reksa dana, obligasi, emas, hingga saham.  


4. Asuransi

Tujuan dari asuransi adalah memberikan jaminan penggantian terhadap risiko-risiko yang mungkin terjadi di masa depan, misalnya saja risiko terkena penyakit dan risiko kematian. Asuransi kesehatan melindungi dari risiko-risiko yang dapat membuat kita kehilangan sejumlah besar uang akibat penyakit yang dialami. Jika memiliki asuransi kesehatan, biaya pengobatan akan dibantu.


Demikian pula jika kematian menimpa kepala keluarga pencari nafkah. Polis asuransi jiwa yang dimiliki akan memberikan uang pertanggungan kepada tertanggung, dalam hal ini keluarga yang ditinggalkan, untuk meneruskan hidup saat ditinggal tulang punggung keluarga.


Nah, TemanDANA bisa membeli produk asuransi baik kesehatan maupun asuransi jiwa via aplikasi DANA. Tersedia berbagai pilihan produk dengan premi-premi yang sangat terjangkau. Selain produk asuransi kesehatan dan jiwa, di sini TemanDANA juga bisa membeli asuransi kendaraan bermotor ataupun asuransi gadget. Menarik kan? Langsung saja cek di aplikasi DANA ya!


Selengkapnya baca di sini.

(Erick)