Hero Image
03 September 2021

Ternyata Begini Cara Orang Tua Muda Atur Keuangan

#BebasDrama

Hai TemanDANA, tak terasa waktu berlalu begitu cepat dan tahun ini pun tak lama lagi berakhir. Mungkin ada beberapa resolusi tahun ini yang sudah tercapai, ada juga yang masih berproses. Atau mungkin juga ada rencana besar menanti terlaksana di tahun depan. Wah, semoga semua berjalan lancar ya. Salah satau rencana yang kerap ditunggu-tunggu adalah menikah dan memulai rumah tangga. Apa kamu juga? Kalau iya, ada tips menarik nih buat kamu. Cara mengatur keuangan untuk orang tua milenial, kita simak 5 di antaranya yuk!


1. Cari informasi yang banyak

Hari gini, tips mengatur keuangan ada di mana-mana dan mudah banget diakses. Mulai dari artikel, video, acara TV, bahkan juga di sosial media. Tipsnya juga bermacam-macam, dari memilih pendidikan untuk anak, bikin tabungan untuk anak, bikin budgeting untuk pengeluaran, dan banyak lagi. Lebih bagus lagi kalau bisa berbincang langsung dengan teman-teman yang sudah berpengalaman. Ada banyak insight atau hal-hal menarik yang siapa tahu cocok untuk diterapkan.


2. Manfaatin ansuransi

Saat masih lajang alias single, mungkin manfaat asuransi belum begitu terasa. Namun, saat sudah berumahtangga, asuransi sangat berharga. Perlu banget tuh pinter-pinter memanfaatkan asuransi dari kantor, BPJS, atau asuransi lainnya untuk kesehatan, pendidikan, kendaraan, dan lainnya. Supaya gampang dan dijamin aman, coba cek DANA Siaga dan pilih asuransi terbaik untuk keluargamu di sini.


3. Bikin perencanaan keuangan

Bahasa kerennya budgeting, hal yang idealnya dilakukan oleh setiap insan, untuk keadaan finansial yang lebih sehat. Iya sih, kadang males dan suka lupaan, tapi manfaatnya ternyata ada banget lho. Selain budgeting, ada baiknya juga bikin catetan pengeluaran setiap bulannya, supaya kamu tahu uangmu lari ke mana. Apalagi saat sudah berkeluarga, akan ada lebih banyak pengeluaran-pengeluaran ngagetin nih.


4. Mulai investasi untuk masa depan anak

Investasi, investasi, investasi. Ternyata, makin dewasa kita akan jadi makin akrab dengan yang satu ini. Gimana engga, kejadian tak terduga, mimpi menyekolahkan anak di tempat berkualitas, liburan idaman, dan banyak hal lainnya tentu butuh persiapan. Pilih investasi yang tepat sesuai kebutuhan, kesanggupan, serta resiko yang cocok untukmu akan menjadi keputusan yang kamu syukuri di masa depan. Investasi emas adalah satu investasi yang minim resiko, kalau tertarik untuk memulai, cobain eMAS di DANA yuk, tap dan pelajari di sini ya!


5. Beresin cicilan dan hutang ASAP

Nah, yang satu ini juga penting dalam usaha menjaga kondisi finansial yang sehat dalam keluarga. Kalau ada cicilan atau hutang yang bisa segera diberesin, ada baiknya untuk tidak menunda ya. Kita semua pasti setuju, hidup akan lebih tenang dan bebas drama jika jauh dari hutang. Makanya, supaya terhindar dari hutang berkepanjangan, perencanaan keuangan penting dilakukan secara kompak dengan pasangan.


Gimana nih orang tua dan calon orang tua milenial? Siap kerja sama membangun keluarga yang harmonis dan pastinya sehat secara finansial? Yay, good luck dan semangat ya. Tonton juga curhatan ibu-ibu muda ini dalam mengatur keuangan mereka. Seru!

(AB)