Hero Image
15 Agustus 2020

Putar Roda Ekonomi dengan Belanja Produk Dalam Negeri

Lawan COVID-19

Mari kita dukung produk lokal dan #BanggaBuatanIndonesia.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepada masyarakat untuk menggunakan dan membeli produk dalam negeri. Menurutnya, masyarakat harus bangga terhadap produk yang diciptakan oleh anak bangsa.


"Kita harus bangga terhadap produk Indonesia. Kita harus membeli produk dalam negeri," ujar Jokowi dalam sidang tahunan, di Gedung MPR-DPR, Jakarta, Jumat (14/8/2020).


Menurutnya meski tengah memajukan ekonomi, tetapi nilai ideologi bangsa lewat produk dalam negeri tak bisa ditinggalkan.


"Produk-produk ini harus menjadi kebanggaan kita, menumbuhkan kepercayaan diri kita sebagai sebuah bangsa. Bangsa yang besar, bangsa yang bangga terhadap hasil karya bangsanya sendiri, bangsa yang bangga pada kreativitas dan inovasi," ujar Jokowi.


Salah satu langkah untuk mendukung ini adalah lewat gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia yang dicanangkan sejak 14 Mei lalu.


Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia yang menyinergikan ekosistem ekonomi digital, dari pemerintah, penyedia teknologi, pelaku industri, dan masyarakat digital, diharapkan akan menjadi solusi efektif dalam membantu UMKM Indonesia menjawab tantangan fundamental dalam melakukan tranformasi digital.


Bagi DANA, Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia memiliki makna yang sangat luas. Selain untuk meningkatkan transaksi produk-produk asli Indonesia di ranah digital, juga menjadi peluang bagi seluruh pelaku UMKM di Indonesia untuk bertransformasi dan meningkatkan kompetensi di masa mendatang.


TemanDANA bisa mendapatkan berbagai macam produk dalam negeri yang berkualitas via DANA Home Shopping di aplikasi DANA. Selamat berbelanja produk lokal dan #BanggaBuatanIndonesia.


Selengkapnya baca di sini.


(Erick)​