Hero Image
20 November 2020

Nabung Emas: Jangka Pendek VS Jangka Panjang

Ngobrolin Keuangan

​Kamu pernah nyangka gak sih, kalau perkembangan teknologi bisa mempengaruhi juga cara kita berinvestasi. Salah satunya, nabung emas!


Kalau dulu harus beli logam mulia minimal 1 gram di agen atau outlet, sekarang kamu bisa mulai nabung cuma lewat aplikasi dengan harga setara 0,01 gram emas.


Tapi walaupun semakin mudah, bukan berarti dilema nabungnya juga sirna. Karena ternyata masih sering muncul pertanyaan, kira-kira nabung emas itu bagusan untuk jangka pendek apa jangka panjang ya?


Lucky us, ada Metta Anggriani, Certified Financial Planner, yang bantu jawab pertanyaannya!


Nabungnya Jangka Panjang atau Jangka Pendek Ya?


Pada umumnya, nabung emas lebih tepat dilakukan untuk investasi jangka panjang. Kenapa?


  • Investasi emas bisa dibilang konservatif. Maksudnya, kenaikan harganya cukup stabil untuk rentang waktu yang panjang, tapi risikonya juga rendah.
  • Karena diperdagangkan, emas jadi punya selisih harga jual & harga beli. Selisih harga yang akan terus berubah/naik inilah yang bikin nabung emas akan lebih menguntungkan kalau disimpan dalam jangka panjang.


Tapi bukan berarti untuk nabung emas jangka pendek gak bisa ngehasilin profit ya. Triknya, perhatiin hal-hal penting ini aja:

  • Pastiin waktu yang tepat buat jual emasmu. Biasanya nabung emas bisa profit dalam jangka waktu 3-5 tahun. Tapi saat resesi, 1-2 tahun nabung juga udah bisa ngehasilin profit karena investasi emas semakin menguat di masa-masa ini.
  • Saat mau jual perhatiin juga harga beli dan biaya-biaya tambahan lainnya. Hindari jual emas kalau biaya-biaya itu lebih mahal daripada harga jual.

Apapun Pilihan Waktunya, Tentuin Dulu Tujuannya


Yap! Biar tabungan emas bisa menghasilkan profit, kamu harus tentuin dulu tujuanmu nabung itu buat apa. Dengan begini kamu bisa tau jangka waktu yang cocok buatmu.


Contohnya, misalkan tujuanmu buat dana darurat, maka nabung emas bisa ditargetkan hingga jumlahnya mencapai 6x pengeluaran bulananmu.


Atau….


Tujuanmu buat uang sekolah anak masuk SD, 3 tahun lagi misalnya. Maka kamu bisa nabung sampai bayaran uang sekolah itu sudah di depan mata.


Yang paling penting mulai nabung emas dulu aja dari sekarang. Selain bisa bikin kamu lebih gampang raih untung, tabungan emas juga bisa kamu masukkan dalam portfolio investasimu sebagai penyeimbang risiko, atau safe haven.


Buat prospeknya di tahun 2021, ada sedikit bocoran! Beberapa ekonom memprediksi kalau harga emas masih akan naik hingga 15% di tahun 2021. Alasan utamanya karena perekonomian di tahun depan masih perlu recovery dari pandemi.


Jadi tunggu apa lagi?


Nabung Emas di eMAS


Biar nabung emas praktis & lancar, nabungnya lewat eMAS aja ya! Fitur di aplikasi DANA yang membantumu buat mulai nabung emas di mana pun & kapan pun dengan harga mulai dari Rp9.000-an. Murah banget!


Selain itu, nabung di eMAS juga dijamin aman karena sudah terdaftar di BAPPEBTI & disimpan di Kliring Berjangka Indonesia lho.