Hero Image
25 Desember 2020

Nabung eMAS Buat Dana Darurat; Emang Cuan?

Ngobrolin Keuangan

Tahun 2021 sudah di depan mata, namun kondisi ekonomi di 2020 yang belum pasti masih terus membayangi kita. Mulai dari orang-orang yang kehilangan pekerjaan hingga berbagai lini bisnis yang harus gulung tikar. Makanya, sangat penting untuk kita bersiap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi di tahun mendatang.


Mungkin ada di antara kita yang sudah mulai mempersiapkan kondisi keuangannya, seperti memulai bisnis dari rumah. Tapi mungkin belum banyak yang mulai mempersiapkan salah satu instrumen keuangan yang harus dimiliki setiap orang.


Dana Darurat.


Sesuai namanya, Dana Darurat bisa kita gunakan jika sewaktu-waktu terjadi hal yang sifatnya darurat dan mendesak menimpa kita, tanpa harus mengganggu kondisi keuangan dan tabungan kita. Misalnya untuk biaya kecelakaan, kehilangan pekerjaan, atau terkena musibah.


Terus, seberapa besar Dana Darurat yang harus kita miliki? Idealnya, jumlah Dana Darurat  sebesar 6 kali kalau masih single, sampai 12 kali kalau sudah punya tanggungan dari pengeluaran bulanan. Misalnya, pengeluaran kita sebesar 4 juta rupiah dalam sebulan. Maka, minimal Dana Darurat yang harus dimiliki sebesar 24 juta rupiah.


Memang sih nominalnya terlihat besar. Namun, asalkan bisa komitmen dan konsisten, Dana Darurat pasti bisa terkumpul. Apalagi, udah banyak pilihan gaya menabung dan investasi, salah satunya lewat nabung eMAS di DANA!


Keuntungan utama dari nabung emas adalah sifatnya yang tahan terhadap inflasi dan cenderung menguat ketika masa-masa krisis. Pas banget kan untuk mulai nabung emas di masa sekarang?


Selain itu, harga emas juga memiliki acuan yang disepakati secara internasional, yang ditentukan oleh London Buillion Market Association (LBMA) yang berpusat di London, Inggris.


Selain keuntungan di atas, masih banyak keuntungan lainnya kalau kamu mulai nabung eMAS di DANA, misalnya:

·        Bisa dimulai dari nominal kecil, alias mulai dari 0,01 gram

·        Bebas khawatir karena nggak perlu disimpan secara fisik

·        Bisa dipantau secara real time langsung di aplikasi


Karena sifatnya yang serba digital, tabungan eMAS di DANA bisa dicairkan kapan saja, jika sewaktu-waktu ada kejadian darurat yang sifatnya mendadak. Sesuai banget sama fungsi Dana Darurat kan?


Sedikit tips nabung emas buat kamu nih. Gunakan prinsip Dollar Cost Averaging, ya. Artinya, selalu menabung eMAS di DANA secara konsisten di tanggal yang sama setiap bulannya, berapapun harganya. Karena, diharapkan, harganya akan melonjak dalam jangka panjang.


Jadi, udah siap untuk nabung eMAS di DANA?


(Tyo)