Hero Image
15 Februari 2021

Musim Hujan, Ini 7 Makanan untuk Tingkatkan Imun

Lawan COVID-19

Pandemi belum berakhir, dan musim hujan pun mulai melanda. Daya tahan tubuh pun kini menjadi modal utama agar tetap sehat.


Cukup istirahat, aktif bergerak, dan makan makanan bergizi adalah beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain melakukan aktivitas di rumah saja, mengonsumsi vitamin yang baik untuk tubuh memang bisa menjadi salah satu bentuk usaha untuk meningkatkan imun.


Namun, tahukah TemanDANA bahwa banyak makanan yang bisa membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh? Ini dia beberapa di antaranya:


1. Kurma

Jika biasanya kurma identik dengan bulan Ramadan, saatnya memasukkan kurma ke dalam menu sehari-hari. Kurma kaya akan potassium, vitamin A, B, C, dan serat sehingga baik untuk kesehatan.


2. Madu

Rasanya semanis manfaatnya. Madu lazim digunakan sebagai obat alami untuk sakit tenggorokan. Madu mengandung mineral, vitamin, antimikroba, dan antioksidan yang baik untuk tubuh.


3. Minyak zaitun

Kaya akan lemak tidak jenuh dan kandungan anti-inflamasi serta antioksidan, minyak zaitun adalah bahan serbaguna yang baik untuk tubuh. Untuk mendapatkan kandungan antioksidan tertinggi, kamu bisa mengonsumsi extra virgin olive oil.


4. Cuka apel

Kaya akan probiotik, cuka apel baik untuk kesehatan pencernaan. Cuka apel bisa dikonsumsi dengan cara mencampurkan dua sendok dengan segelas air untuk mengencerkannya. Jika tidak tahan dengan rasa asamnya, kamu bisa menambahkan madu.


5. Susu

Minum susu adalah sebuah kebiasaan baik yang telah diperkenalkan sejak kecil. Faktanya, susu memang memiliki kandungan nutrisi baik seperti kalsium, protein, Vitamin A, B12, dan D yang baik untuk daya tahan tubuh. Kabar baiknya, kini pun semakin banyak susu bebas laktosa atau susu berbahan dasar nabati yang bisa dikonsumsi bagi orang-orang dengan alergi susu sapi.


6. Biji-bijian

Gandum, barley, bahkan beras adalah contoh biji-bijian yang baik untuk tubuh. Mengandung serta, mineral, dan vitamin yang baik untuk kesehatan, biji-bijian juga mampu meningkatkan sel darah dalam sistem daya tahan tubuh. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kandungan gluten yang perlu diperhatikan bagi orang dengan alergi.


7. Aneka jeruk

Jeruk medan, jeruk bali, lemon, hingga jeruk nipis, aneka jeruk ini punya kandungan vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh. Selain itu, ada pula kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan organ dalam. Asupan vitamin C juga bisa didapatkan dari buah dan sayuran lainnya dan bisa dikonsumsi setiap hari sesuai kebutuhan.


Itu dia 7 makanan yang baik kita konsumsi untuk menjaga stamina kita selama musim hujan ini. Untuk mendapatkannya, TemanDANA bisa membelinya via fitur Shopping di aplikasi DANA. Belanja apa saja jadi lebih praktis, nyaman, dan aman dengan DANA.


Selengkapnya baca di sini.(Erick)