Hero Image
19 Agustus 2020

Jangan Bablas, Yuk Jaga Kesehatan Finansial Kita Sekarang!

Lawan COVID-19

Karena selain fisik dan mental, kesehatan finansial juga wajib kita perhatikan.

 

Di masa adaptasi kebiasaan baru ini, banyak perubahan yang terjadi di sekitar kita, terutama di gaya hidup. Saat ini kita melakukan gaya hidup lebih sehat. Mengonsumsi makanan sehat, mulai berolahraga, selalu menggunakan masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan lain sebagainya jadi bagian sehari-hari kita saat ini.

 

Nah, selain kesehatan fisik dan mental, ada satu hal lagi yang sebaiknya kita perhatikan dan lakukan di era new normal ini, yaitu menjaga kesehatan finansial. Jangan sampai pandemi ini membawa kita terperosok lebih dalam berkaitan dengan masalah keuangan.

 

Lantas, bagaimana caranya mengatur keuangan dengan baik di era adaptasi kebiasaan baru ini? Berikutbeberapa hal yang bisa kita lakukan.

 

1. Membuat Anggaran Keuangan

 

Demi terjadi keseimbangan, kita wajib menyusun anggaran keuangan di awal, agar semua kebutuhan pokok, tabungan, ataupun investasi bisa terpenuhi. Untuk itu, alokasikan pemasukan sesuai dengan perencanaan pos-pos keuangan yang telah kita buat, dan ingat, kita harus disiplin saat menjalankannya.

 

2. Kendalikan Hasrat Berbelanja

 

Di saat sekarang ini, penting bagi kita mengendalikan diri untuk tidak konsumtif dan tidak mudah tergiur tawaran promo untuk barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Mulai biasakan untuk belanja sesuai kebutuhan bukan keinginan semata. Kita bisa membuat anggaran khusus belanja dan pastikan tidak spending melebihi budget yang sudah kita buat. Hindari juga berhutang/ mencicil untuk barang-barang konsumtif. Mengendalikan hasrat berbelanja ini memang tidak mudah, tapi ini harus dilakukan demiterciptanya kondisi keuangan yang sehat. 

 

3. Cari Penghasilan Tambahan

 

Demi terciptanya kondisi finansial yang stabil, tidak ada salahnya jika kita mencoba cari penghasilan tambahan. Kita bisa mulai mencari pekerjaan lain secara paruh waktu atau membuka bisnis online dari sekarang.

 

4. Menyiapkan Dana Darurat

 

Memiliki dana darurat di situasi saat ini sangatlah penting. Kita bisa menyisihkan dana darurat dalam bentuk tabungan atau investasi. Salah satunya adalah dengan membeli emas, yang merupakan salah satu pilihan instrumen keuangan yang cocok sebagai dana darurat karena sifatnya yang stabil dan juga mudah dicairkan.

 

Saat ini, memiliki tabungan emas sangatlah mudah dilakukan. TemanDANA bisa membelinya melalui fitur DANA eMAS di aplikasi DANA. Transaksi jual beli dapat dilakukan dengan sangat mudah, praktis, dan aman, dengan harga yang kompetitif.

 

 

Nah, itu dia beberapa tips keuangan yang bisa TemanDANA lakukan. So, selamat mengatur keuangan dan mari kita jaga kesehatan, baik fisik, mental, maupun finansial! (Erick)