logo-dana
blog page banner blog page banner
Blog Article Detail
16 October, 2020

Jajanan Taiwan Wajib Coba

Cerita Usaha

Buat pencinta kuliner, mencoba aneka makanan atau jajanan khas negara-negara lain tentu jadi keasyikan tersendiri. Nah, salah satu yang bisa dikulik adalah jajanan khas kaki lima asal Taiwan. Cita rasa cemilan Taiwan ini ternyata tidak kalah menarik dengan makanan negara lain seperti Korea Selatan, Jepang, atau Thailand. Selain harganya yang relatif terjangkau, ragam kuliner ini juga punya cita rasa istimewa yang bisa bikin siapa pun ketagihan.


Penasaran ada apa saja? Ini ada beberapa daftar makanan yang harus dicoba.


1. Mie kuah sapi

Mie kuah sapi merupakan salah satu makanan sangat populer di Taiwan. Ini adalah mie dengan sup Hongshao ditambahkan daging sapi sirloin dan urat sapi yang telah direbus. Kalau kebetulan lagi traveling ke Taiwan, TemanDANA harus mencoba mie sapi dari stan kecil hingga restoran tua, karen masing-masing toko memiliki cara penyajian mie kuah sapi yang berbeda-beda. Yang pasti, semuanya lezat!


2. Omelet tiram

Penduduk Taiwan menyebut menu satu ini dengan nama oh ah jian. Omelet tiram adalah jenis kuliner berupa telur dadar yang dicampur dengan sedikit tepung kanji, irisan daun selada, serta beberapa potong daging kerang. Sebagai sentuhan akhir, telur dadar ini disiram saus berwarna merah dengan cita rasa asam dan sedikit pedas. Omelet tiram adalah masakan khas yang harus dicoba saat jalan-jalan di pasar malam Taiwan.


3. Chou Doufu/ Tahu busuk

Tahu busuk atau Stinky Tofu merupakan tahu yang sudah difermentasi dan diberi saus asam manis. Beberapa toko menjual tahu busuk goreng yang disantap bersama dengan Kimchi ala Taiwan (atau ala Sichuan) untuk mengurangi rasa berminyak. Aroma makanan ini memang tidak sedap, namun saat dicoba rasanya enak. Tahu busuk ini bisa didapatkan di Ximending, pusat jajanan khas Taiwan. Ximending merupakan jalan yang dipenuh jajanan dan toko-toko yang kerap didatangi turis maupun penduduk lokal, berlokasi di Distrik Wanhua, Taipei.


4. Chicken cutlet/ stik ayam

Kalau yang satu ini TemanDANA pasti sudah sangat familiar. Potongan ayam goreng tepung yang ditaburi bumbu dengan rasa gurih dan enak banget. Salah satu brand paling terkenal di sini adalah Shihlin. TemanDANA banyak yang sudah pernah coba kan?


Produk chicken cutlet Shihlin ini aslinya memang merupakan jajanan khas Taiwan dan sangat populer di setiap tempat dan pasar malam, serta menjadi hidangan kecil paling umum ditemukan di Taiwan.

Jadi, kalo pengen nyobain the famous Taiwan street snacks ini, TemanDANA tidak usah jauh-jauh ke Taiwan, cukup langsung mencari outlet Shihlin terdekat saja. Jangan lupa bayarnya pake DANA ya!


5. Bubble milk tea

Pasti sudah nggak asing lagi dong sama minuman khas Taiwan yang satu ini? Ya, bubble milk tea ini memang sudah lama populer di Indonesia. Rasa teh campur susu dengan mutiara/bubble hitamnya yang khas mendapat popularitas dengan cepat dan sekarang telah menjadi salah satu minuman yang paling mewakili Taiwan.


6. Es serut

Es serut masuk pertama kalinya di Taiwan saat masa kolonial Jepang. Salah satu yang paling terkenal adalah es serut mangga. Es serut mangga di Taiwan terbuat dari buah mangga asli yang dibekukan. Jajanan ini tidak mengunakan sirup atau pemanis tambahan lainnya. Es serut ini pernah terpilih sebagai salah satu makanan pencuci mulut terenak sedunia oleh CNN dan majalah pariwisata. Selain es serut mangga ada juga es serut keladi, es serut kacang merah, atau es serut gula merah.


7. Nastar

Nastar (pineapple pastry) adalah snack terkenal Taiwan. Bahan utama berupa tepung terigu, mentega, gula, telur, buah kundur, selai nastar. Bagian luarnya renyah, isinya lembut, berharum manis nenas, menjadikan rasa lokal sederhana ini menjadi maskot Taiwan. Pelesetan bahasa Minnan dari nenas adalah “Ong lai” bermakna berezeki dan makmur. Nastar merupakan salah satu suvenir terpopuler bagi para wisatawan yang berlibur ke Taiwan.


8. Misoa kuah usus (tiram)

Misoa adalah makanan umum Taiwan dan biasa disajikan saat ulang tahun, karena merupakan simbol panjang umur. Bahan utamanya berupa tiram dan misoa. Tiram akan dicampur dengan tepung kanji terlebih dahulu, kadang juga dicampur dengan usus. Enak tidaknya misoa kuah tiram ditentukan dari ukuran tiram, kesegarannya, serta proses penyemuran usus. Proporsi dengan keseluruhan misoa akan menentukan kualitasnya. Saat menyantap, jangan lupa menambahkan cuka hitam, cincangan bawang putih, daun ketumbar untuk menambah cita rasa!


Itu dia beberapa jajanan khas Taiwan yang bisa dicoba. Beberapa di antaranya sudah ada di Indonesia, beberapa mungkin harus dicoba pas TemanDANA traveling ke Taiwan. Nah, untuk makanan-makanan yang ada di sini, jangan lupa transaksinya pakai DANA ya! Mulai sekarang, mari kita #bikinjadibiasa untuk pembayaran nontunai dalam transaksi harian kita. (Erick)