Hero Image
20 September 2021

CARA CERDAS WASPADA TERHADAP PENIPUAN ONLINE

Tips Pasti

Hi TemanDANA,


Pemanfaatan teknologi digital dalam beraktivitas kini sudah menjadi gaya hidup baru. Meskipun banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, berkembangnya teknologi juga memunculkan sisi negatif yakni terbukanya peluang cybercrime atau tindak kejahatan di dunia maya.


Pasalnya, meskipun teknologi sudah dirancang seaman mungkin, tetap saja selalu ada celah bagi oknum-oknum tertentu untuk melakukan penipuan atau kejahatan online. Oleh karenanya, waspada menjadi kunci agar terhindar dari berbagai drama modus penipuan online ini. Berikut berbagai cara untuk mengatasi penipuan online, di antaranya:


1. Cek kebenaran

Sebelum melakukan transaksi online, entah itu membeli barang, atau menggunakan layanan m-banking ada baiknya mengecek kebenarannya terlebih dahulu. Cari tahu lebih detail apakah akun instagram, atau web online shop ini terpercaya atau tidak. Misalnya mengecek testimoni, followers, hingga komentar.


Namun, perlu berhati-hati juga karena jumlah followers yang banyak tidak menjamin akun tersebut trusted. Apabila kolom komentar kosong atau dimatikan, patut diwaspadai. Agar lebih yakin, cek profil instagram online shop, kemudian klik titik tiga di pojok kanan atas, dan pilih about this account. Nanti akan terlihat berapa kali akun online shop tersebut mengganti username. Apabila terlalu banyak mengganti username, hal tersebut patut dicurigai.


2. Jangan memberikan informasi penting

Ketika menggunakan media sosial atau internet, sebaiknya jaga informasi penting soal data pribadi, seperti data KTP, buku rekening, foto SIM, hingga ATM. Sebab, data ini bisa saja dicuri oleh orang lain dan bisa digunakan untuk hal tidak bertanggung jawab. Parahnya, data ini bisa digunakan untuk membobol akun rekening kita.


3. Waspada dengan telepon tidak dikenal

Saat ada telepon masuk dari nomor tidak dikenal sebaiknya jangan langsung diangkat atau lebih baik abaikan saja. Bisa saja nomor tersebut mengaku sebagai customer service dari sebuah bank atau perusahaan yang meminta beberapa data penting. Lebih baik abaikan dan blokir nomor tersebut.


4. Jangan asal memasang aplikasi

Saat ingin memasang aplikasi, sebaiknya pelajari terlebih dahulu. Sebab, beberapa aplikasi akan meminta akses pada data diri pribadi. Lebih baik unduh aplikasi di situs resmi seperti Play Store atau App Store agar data aman. Memasang aplikasi dari situs tak terpercaya bisa berakibat dicurinya data kita.


Nah, buat TemanDANA semua pun jangan sampai terkecoh dengan akun-akun bodong yang tidak resmi yang mengatasnamakan DANA. Karena DANA tidak pernah meminta data-data personal atau kode OTP ke pengguna DANA.


Pastikan kamu tahu daftar kontak CS DANA dan akun-akun resmi media social DANA di bawah ini:

Telepon CS: 1500445

Email:  help@dana.id

WA: 081911500445

Akun resmi media social DANA:

Facebook: @danawallet

Instagram: @dana.id @DaysInDANA

Youtube: DANA Indonesia

Twitter: @danawallet @danasupport

Linkedin: DANA Indonesia

TikTok: DANA.Indonesia


Maka berhati-hatilah dalam menjaga keamanan data diri perbankan kamu. Jangan tergiur hal-hal kecil yang malah merugikan banyak hal di hidup kamu nantinya.