Hero Image
30 Juni 2021

Cara Bertahan Hidup Tanpa Drama Ngutang

#BebasDrama

Hai TemanDANA, coba deh bayangin hidup yang tenang dan menyenangkan tanpa hutang. Indah banget ya? Tapi, apa mungkin? Sekarang keadaan makin gak pasti, banyak kebutuhan yang tiba-tiba muncul, dan banyak hal terjadi tanpa adanya persiapan finansial yang ideal. Terus gimana ya biar hidup gak nambah drama karena ngutang sana-sini? Cek 5 cara yang bisa dicoba supaya hidup #BebasDrama ngutang ini yuk!


1. Langsung Sisihkan Uang untuk Nabung & Biaya Darurat


Ini wajib banget lho! Mungkin karena keadaan, nominal yang kita tabung dan siapin untuk biaya darurat emang gak sebanyak target kita, tapi at least tetap diusahain ada terus tiap bulan yuk! Supaya kalau ada kebutuhan mendadak, kita lebih siap dan gak auto ngutang deh.


2. Catat Pengeluaran


Nah ini gak kalah penting nih. Cara ini sebenarnya bertujuan buat introspeksi aja sih. Supaya tiap kali mau catat pengeluaran baru, jadi lihat dan sadar udah buang-buang duit buat apa aja tuh. Hasilnya? Ya dengan harapan bisa nge-rem keinginan yang gak harus-harus amat itu. HEHE. Oiya, di aplikasi DANA, semua transaksimu otomatis tercatat rapi di menu Riwayat. Jadi bisa langsung cek dan auto merenung deh!


3. Cari Uang Tambahan


Selama ada niat yang kuat, pasti ada kesempatan. Setuju gak? Beneran deh, keadaan lagi se-gak terduga itu. Bakal sangat membantu nih kalau kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Bisa dimulai dari hobi, terus ditawarin deh ke teman-teman. Coba jualan masker kain sampai buka PO katering harian mungkin? Abis itu, jualannya pake DANA Bisnis deh. Semangat!


Ya, inilah 3 cara sederhana yang bisa kita coba sambil berusaha tetap bertahan hidup di tengah pandemi. Semoga kita semua tetap sehat dan ceria ya! Supaya harimu makin inspiratif, tonton video pengakuan teman-teman kita akan dosa finansial mereka yuk. Ssst, salah satunya tentang ngutang nih. Tonton di bawah ini ya, selamat menyaksikan!


(AB)