logo-dana
blog page banner blog page banner
Blog Article Detail
16 October, 2020

Cara Aman Kirim dan Terima Paket saat Pandemi

Tips Pasti

Selama masa pandemi COVID-19 ini, sebagian dari kita lebih banyak berada di rumah dan mengurangi kontak secara langsung dengan orang luar. Hal ini juga mempengaruhi kebiasaan kita dalam kirim-mengirim paket dan memilih jasa antar untuk keperluan berbelanja atau mengantar barang.


Tentu karena alasan kesehatan, maka kebersihan dan keamanan saat mengirim paket harus ekstra diperhatikan demi mencegah penularan virus Corona.


Apa saja yang kira-kira perlu kita lakukan dalam melakukan pengiriman atau menerima paket dengan aman di masa pandemi ini? Coba simak beberapa hal di bawah ini ya, TemanDANA.


1. Kirim/ terima paket tanpa bersentuhan

Sebisa mungkin kita tidak melakukan kontak langsung dengan kurir pengirim paket. Cara ini demi keamanan kita dan juga petugas pengirim paket, supaya tidak ada kontak yang berisiko penularan virus corona.


Salah satu caranya, kita bisa meminta petugas pengirim meletakkan paket di depan pintu atau pagar. Bisa juga paket kita bungkus plastik, lalu digantungkan di pagar atau pintu rumah. Jangan lupa berkomunikasi dengan petugas pengirim paketnya ya, TemanDANA. 


2. Buka paket di luar rumah

Jika kita mendapat kiriman, sebaiknya paket langsung dibuka di luar rumah. Dengan begini kondisi dalam rumah tetap terjaga dari risiko terpapar virus corona. Jika di rumah ada stok sarung tangan, paket bisa dibuka menggunakan sarung tangan. Tindakan itu lebih aman dalam pencegahan penyebaran virus corona.


3. Buang bungkus paket di luar rumah

Setelah paket dibuka, sebaiknya bungkus paket langsung dibuang ke tempat sampah di luar rumah. Hal ini lebih aman untuk kita sekeluarga di rumah. 


4. Semprot barang dengan cairan disinfektan

Jika paket yang kita terima bukan makanan, ada baiknya permukaan luar barang tersebut atau bungkus plastiknya disemprot dengan cairan disinfektan. Ini untuk meminimalisir kemungkinan masih ada virus yang tertinggal di permukaan barang yang kita beli.


Menyemprot disinfektan ini juga bisa kita lakukan untuk barang-barang yang akan kita kirim. Sehingga, kita bisa memastikan kalau paket yang kita kirim dalam keadaan steril, sebelum dibungkus.


5. Segera cuci tangan setelah mengirimkan atau menerima paket

Setelah memberikan atau menerima paket, segera cuci tangan dengan sabun, sebelum kita menyentuh atau memegang benda lain. Jangan pernah bosan melakukan hal ini, karena sampai saat ini, mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu langkah pencegahan penyebaran COVID-19, selain memakai masker dan menjaga jarak.


Itu dia beberapa hal yang bisa kita lakukan agar aktivitas kirim-kiriman dan terima paket kita bisa berlangsung dengan aman di masa pandemi ini.


Kabar gembira buat TemanDANA, saat ini kita bisa melakukan kirim-mengirim paket dengan mudah menggunakan DANA Delivery. Bekerja sama dengan agregator logistik Shipper, DANA Delivery memberi kemudahan bagi kita semua untuk melakukan pengiriman barang secara aman, mudah, dan terjamin


Untuk TemanDANA di luar Jakarta, harus bersabar dulu ya. Karen di tahap awal, layanan DANA Delivery ini masih mencakup area DKI Jakarta, dengan pilihan dua layanan: Instant dan Same Day.


Untuk layanan Instant, kita bisa melakukan pengiriman barang dengan berat maksimal antara 7kg-20kg, tergantung agen ekspedisi yang dipilih. Sedangkan untuk layanan Same Day, berat maksimal berkisar antara 5kg hingga 7kg, tergantung ketentuan yang ditetapkan agen ekspedisi yang dipilih.


Kerennya lagi nih, kita bisa melalukan tracking sudah sampai mana proses pengiriman barang yang kita lakukan.


Nah, kalau TemanDANA membutuhkan jasa pengiriman barang, langsung saja gunakan DANA Delivery yah. Dijamin aman! (Erick)