logo-dana
blog page banner blog page banner
Blog Article Detail
16 October, 2020

6 Ide Bisnis Online di Masa Pandemi

Tips Pasti

Pandemi COVID-19 sedikit banyak berdampak di berbagai aspek kehidupan, termasuk di bidang pekerjaan kita. Tidak sedikit yang mengalami pemotongan gaji atau bahkan pemutusan hubungan kerja yang mengakibatkan berkurangnya pemasukan.


Sementara, kebutuhan dan tuntutan hidup di zaman sekarang semakin tinggi. Bahkan banyak kebutuhan yang aslinya sekunder yang sudah bergeser menjadi kebutuhan primer. Contohnya paling gampangnya adalah pulsa atau kuota internet. Ini belum termasuk pengeluaran-pengeluaran untuk memenuhi keinginan kita yang lainnya.


Karena itu, mencari pemasukan tambahan dengan berbisnis sampingan bisa jadi salah satu strategi yang bisa kita lakukan.


Syukurnya, di era digital ini, banyak pilihan bisnis yang bisa kita coba lakukan tanpa perlu modal besar dan biaya pemasaran yang tinggi. Bahkan hanya bermodalkan sosial media atau market place, kita bisa menjual skill atau produk kita. Enaknya lagi, dengan media digital yang terus berkembang maju, semuanya bisa serba fleksibel. Kita bisa menjalankannya dari mana saja dan kapan saja.


Nah, buat kamu yang ingin memulai bisnis namun masih bingung, berikut ini ada beberapa ide bisnis online yang mungkin cocok dan bisa dicoba. Silakan disimak ya!


1. Jual jasa desain/ilustrasi

Kalau TemanDANA jago desain atau membuat ilustrasi, keahlian ini sangat bisa untuk dipasarkan dan dijual di era digital ini. Kamu bisa coba menawarkan dengan sistem pre order ataupun menjual karya jadi. Kamu bisa memasarkan keahlian kamu ini via sosial media. Jangan lupa sertakan contoh portfolio karya kamu ya, jadi orang-orang bisa lihat seperti apa hasil kerja kamu.


2. Jasa kursus online

Nah, kalau kamu punya skill tertentu yang cukup mumpuni, misalnya seperti menggambar, digital marketing, menulis, atau apapun, kamu bisa coba membuka kelas kursus/ pelatihan online. Apalagi kalau kamu emang dianugerahi kemampuan berbagi ilmu atau mengajar yang baik. Kelas online kamu akan bisa jadi favorit dan memiliki banyak peminat.


3. Kuliner Online Rumahan

Jago masak? Punya menu andalan? Kalo iya, kamu bisa coba usaha kuliner online rumahan. Tidak perlu memiliki restauran, semua bisa dilakukan dari rumah dan menjualnya via market place atau media sosial. Bahkan, untuk meminimalisir risiko, kamu bisa menjualnya dengan sistem pre order. Jadi kamu hanya memasak sesuai jumlah pesanan saat itu. Enak kan?


Yang penting, jangan lupa untuk menganggarkan biaya promosi untuk pemasaran digital via sosmed atau membagi sample produk ke teman-teman ataupun keluarga. Kalau makanan atau minuman kamu rasanya emang enak, dijamin laris dan banyak yang beli. Apalagi kalau harganya murah ya, TemanDANA.


4. Freelance Content Writing

Jago nulis? Kalau iya, maka pekerjaan sampingan yang satu ini bisa dicoba. Di era digital ini, jasa penulisan konten dibutuhkan oleh banyak pihak, mulai dari influencer, bisnis kecil, hingga perusahaan besar. Jenis kontennya juga bervariasi. Mulai dari artikel untuk di blog, tulisan untuk e-mail marketing broadcast, atau bentuk-bentuk tulisan lainnya. Oh iya, bayarannya juga lumayan lho buat tambahan bulanan.


5. Menjual foto di situs online

Kalau kamu fotografer atau penghobi foto dan punya koleksi foto yang banyak, kamu bisa mencoba menjual foto-foto karya kamu. Caranya mudah, kamu tinggal menjualnyua lewat situs penyedia foto berbayar seperti Shutterstock, maka karya kita akan dipasarkan ke seluruh dunia dan orang-orang yang membutuhkannya bisa me

mbelinya lewat situs ini. Enaknya lagi, satu karya kita bisa dibeli berkali-kali oleh orang yang berbeda. Lumayan kan?

6. Buka toko online

Yang terakhir adalah berjualan atau membuka toko online. Meski pesaing banyak, tetapi kesempatan dan peluang selalu ada. Jika tidak punya produk sendiri, kita bisa memulainya dengan menjual barang-barang yang memang sesuai dengan interest kita. Misalnya kita hobi mainan atau sepatu, kita bisa menjual barang tersebut.

Media sosial bisa menjadi platform awal untuk berjualan dan mengembangkan toko online kita. Selain sosmed, kita juga bisa memaksimalkan usaha kita dengan memanfaatkan berbagai situs market place. Misalnya lewat bukalapak, yang memang sudah menjalin kerjasama dengan Dompet Digital DANA. Dengan begini, peluang produk kita menca

pai pasar bisa lebih besar lagi, apalagi ditambah dengan dukungan pembayaran digital yang nyaman dan praktis dari DANA.

Nah TemanDANA, itu dia beberapa ide usaha online yang bisa dilakukan di masa pandemi ini. Silakan dicoba dan tentunya pilihlah bisnis yang paling sesuai dengan minat dan keahlian kita. Karena rasanya akan lebih hoki kalau sesuai hobi. Tentunya, jika memang sesuai dan memungkinkan, pastikan untuk bergabung dengan DANA Bisnis, agar usaha kita bisa lebih berkembang dan terus berekspansi di era digital seperti saat ini.


Caranya mudah kok. Cukup masuk ke fitur DANA Bisnis di dalam aplikasi DANA, klik applynow, lalu isi form dan ikuti langkah-langkah berikutnya, dan voila, bisnis kamu siap berkembang bersama DANA. (Erick)