logo-dana
blog page banner blog page banner
Blog Article Detail
18 October, 2020

6 Cara Kelola Pengeluaran Bulanan saat Pandemi

Lawan COVID-19

Di masa pandemi ini, masyarakat lebih memilih untuk menyimpan uang lebih banyak dan mengurangi konsumsi. Rajin menabung tentunya baik bagi masa depan, namun mungkin kurang tepat jika akhirnya terlalu takut mengeluarkan uang karena pandemi ini, terutama jika persentase bunga tabungan atau deposito di bank pilihan berkurang.

 

Berikut tips untuk mengatur pola konsumsi dan pengeluaran di masa pandemi guna menjaga kondisi keuangan tetap sehat. 


Pertama, atur pengeluaran tidak tetap dengan metode rata-rata. Dalam pengaturan arus kas bulanan, maka pengeluaran dibedakan menjadi dua jenis yaitu pengeluaran tetap dan tidak tetap.

 

Pengeluaran tidak tetap bisa berupa biaya bahan bakar kendaraan setiap hari atau ongkos transportasi, biaya belanja bahan makanan, biaya listrik, dan lainnya. Pengeluaran tetap tentu lebih mudah dicatat dan ditetapkan besarannya ketimbang yang tidak tetap. Sementara itu, pengeluaran variabel tidak.

 

Kedua, prioritaskan yang wajib dan perlu. Prioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan yang sifatnya wajib dipenuhi atau dibayar terlebih dulu. Apa saja kebutuhan itu? Yakni kebutuhan untuk membeli barang-barang kebutuhan pokok seperti makan dan minum, hingga menabung biaya pendidikan anak.

 

Ketiga, lunasi utang konsumtif berbunga besar, dan jangan tambah lagi. Jika seseorang memiliki utang jangka pendek yang bersifat konsumtif dan berbunga besar maka lunasi selagi masih memiliki cadangan kas yang cukup. Keempat, simpan dana darurat di tempat yang semestinya.

 

Kelima, untuk hal yang bersifat keinginan maka 10 persen dari pemasukan sudah cukup. Keenam,tetap sisihkan uang untuk investasi, tapi sesuai dengan tujuan. 


Nah, itu dia beberapa tips yang bisa TemanDANA perhatikan dan lakukan selama pandemi ini. Jika ingin coba berinvestasi, salah satu yang bisa jadi pilihan adalah membeli emas. Dan TemanDANA bisa membelinya via fitur DANA eMAS di aplikasi DANA. Di situ, TemanDANA bisa membeli emas dengan harga yang bersaing secara mudah, praktis, nyaman, dan aman pastinya.


Selengkapnya baca di sini.

(Erick)