Hero Image
22 Januari 2021

6 Alasan Kenapa Menabung Emas Menguntungkan

Ngobrolin Keuangan


Lebih dari sekadar perhiasan, emas merupakan instrumen investasi yang dipercaya paling stabil saat ini.


Di masa pandemi seperti sekarang ini, selain menyimpan dana darurat, satu hal yang berguna juga selama masa ketidakpastian ekonomi adalah memiliki tabungan emas. Ya, TemanDANA pasti tahu dong, kalau saat ini emas bukan lagi sekadar logam mulia yang dijadikan perhiasan, tetapi merupakan instrumen investasi yang dipercaya paling stabil.


Nah, kira-kira apa saja sih alasan lain kenapa menabung emas bisa jadi pertimbangan bijak untuk kita lakukan sejak dini? Coba disimak ya, TemanDANA.


1. Memiliki nilai universal dan permintaan tinggi

Emas tidak akan kehilangan nilai intrinsik dan akan selalu dikenal, dihargai di mana-mana, dan memiliki peminat yang tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh sifat universalitas yang dimilikinya. Dengan kata lain, berinvestasi emas akan memberikan keamanan finansial dan kepastian daripada berinvestasi pada aset lain.


2. Tahan inflasi

Tidak seperti investasi lain, emas terbukti tahan terhadap inflasi. Meski nilai mata uang suatu negara meningkat atau menurun, emas memiliki nilai yang stabil. Bahkan, emas juga terbukti memiliki ketahanan kinerja yang baik selama kehancuran ekonomi dunia.


3. Tingkat likuiditas yang tinggi

Emas memiliki likuiditas yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan sebagian besar aset lainnya. Emas sangat dihargai, sehingga sangat mudah untuk mencairkannya menjadi uang tunai.


4. Dapat diwariskan

Emas memiliki kestabilan nilai yang bisa dimanfaatkan sebagai aset masa depan. Bahkan, kita dapat menurunkan aset ini ke anak atau cucu di masa depan nanti. Sementara itu, nilai emas akan terapresiasi dari waktu ke waktu karena kelangkaan dan sebagainya.


5. Aman dari ketidakpastian geopolitik

Nilai emas juga stabil saat terjadi ketidakpastian geopolitik. Oleh karenanya, emas kerap disebut sebagai komoditas krisis. Pada masa-masa ketegangan dunia meningkat, masyarakat seringkali memilih emas karena nilainya yang stabil menungguli investasi lain. Harganya seringkali naik ketika kepercayaan pada pemerintah rendah.


6. Praktis dan terjangkau

Kalau dulu investasi emas cuma sebatas kepemilikan fisik aja, sekarang nabung emas juga bisa dilakuin secara digital! Salah satunya lewat DANA eMas. Melalui fitur yang ada di aplikasi DANA ini, kita bisa memulai investasi emas secara online dengan praktis, mudah, aman, dengan investasi yang terjangkau dan tanpa biaya apapun.


Dengan DANA eMas, kita bisa mulai nabung emas di mana pun dan kapan pun dengan modal kurang dari Rp10.000! Terjangkau banget kan? Selain itu, nabung di eMAS juga dijamin aman karena sudah terdaftar di Bappebti & disimpan di Kliring Berjangkan Indonesia. Jadi tunggu apa lagi, yuk mulai nabung emas dari sekarang, TemanDANA! (Erick)