Hero Image
19 Februari 2021

5 Tips untuk Atasi Virus Corona Klaster Keluarga

Lawan COVID-19

Kasus positif virus corona (Covid-19) klaster keluarga yang meningkat menjadi kekhawatiran masyarakat seiring dengan banyaknya masyarakat yang mulai keluar rumah untuk beraktivitas.


Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta pada Januari 2021 lalu, setidaknya ada 612 orang yang masuk ke dalam klaster keluarga Covid-19 dari total kasus konfirmasi positif virus corona sebanyak 1.663 orang.


Peningkatan kasus ini sendiri menjadi kekhawatiran masyarakat karena rumah yang seharusnya menjadi tempat yang aman dan menjadi tempat berlindung justru juga bisa menjadi salah satu sumber penularan.


Lantas bagaimana cara kita mengurangi penyebarannya di keluarga? Berikut beberapa tips dan informasi terkait klaster keluarga COVID-19 yang bisa disimak:


1. Jangan merasa aman ketika berada di rumah

Penting untuk tidak memiliki pemikiran bahwa berada di rumah berarti sudah merasa aman. Karena penularan yang sering terjadi adalah ketika ada keluarga yang saling mengunjungi satu sama lain.


2. Lebih hati-hati saat di rumah

Untuk meminimalkan risiko penularan, terutama sehabis bepergian dari luar rumah dan ketika menyambut tamu dari luar rumah, adalah dengan selalu disiplin membersihkan diri sesaat setelah sampai di rumah dan memakai masker ketika ada tamu dari luar rumah.


3. Jangan anggap sepele isolasi mandiri

Isolasi mandiri bagi kasus terjangkit tanpa gejala atau ringan yang salah merupakan salah satu penyumbang terbesar klaster keluarga. Penyebabnya adalah ketika seseorang tetap melakukan interaksi dengan anggota keluarga yang lain di tengah masa isolasi mandiri. Ia menekankan pentingnya pemusatan aktivitas di suatu tempat yang terpisah dari anggota yang lain terutama untuk kamar tidur.


4. Karantina bagi anggota keluarga dengan kontak erat

Terkait dengan karantina, perlu waktu 10-14 hari untuk tidak keluar dari rumah setelah adanya kasus anggota keluarga yang positif COVID-19. Meskipun tidak ada gejala, hal ii tetap harus dilakukan, karena bisa saja virus COVID-19 masih dalam taraf inkubasi.


5. Utamakan protokol kesehatan

Protokol kesehatan dan menerapkan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi) wajib untuk terus dilakukan. Selain itu, jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan imun tubuh dengan makan makanan yang bergizi dan tetap berolahraga.


Itu dia beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menghindari dan mengurangi penyebaran virus COVID-19 di lingkungan rumah dan keluarga kita. 


Untuk informasi terkini mengenai perkembangan COVID-19, TemanDANA bisa membacanya setiap hari di aplikasi DANA.


Selengkapnya baca di sini.(Erick)