Hero Image
07 Juli 2021

5 Prinsip Unik Buat Auto Nabung Tiap Bulan

#BebasDrama

Hai TemanDANA, sudah rajin menabung atau masih suka menunda nih? Emang sih, biasanya gajian tuh seakan memanggil-manggil hasrat hati untuk belanja, makan enak, atau sekadar beli printilan buat hiburan. Belum lagi cicilan yang menumpuk, kebutuhan bulanan, pengeluaran reguler, sampai kirim uang untuk yang tersayang. Terus, gimana mau nabung?


Menabung itu sebenarnya sesimpel nyiapin uang cadangan buat masa depan. Ada banyak anjuran presentase ideal, ada juga yang disebut dana darurat, dan jenis-jenis tabungan lainnya. Namun, berapa pun tabunganmu, yakin deh, kamu pasti bakal berterima kasih sama dirimu sendiri karena udah berhasil menabung. Nah, ada 5 prinsip kocak nih, yang semoga aja bisa bantu numbuhin niat menabung dalam dirimu!


1. Mimpi yang tinggi

Boleh yang masuk akal, atau yang emang terdengar semustahil itu. Mulai dari beli kendaraan, beli rumah, liburan ke Labuan Bajo, atau yang lain. Kalau kita udah nentuin gol atau target, kita akan lebih mudah menyesuaikan cara berpikir, dan lebih rela buat menyisihkan sebagian gaji demi meraih mimpi tersebut. Nah salah satu cara buat bantu simpen duit dan raih targetmu, coba DANA Goals deh, klik di sini.


2. Siap menerjang badai

Karena kita hanya manusia biasa, kita gak pernah tau apa yang bakal terjadi besok. Apalagi di tengah situasi yang gak pasti kayak sekarang, kita cuma bisa terus berjuang untuk bertahan. Bisa jadi kita tiba-tiba sakit, tiba-tiba butuh biaya yang tak terduga, atau hal-hal mengejutkan lainnya yang bisa bikin kita kelimpungan. Inilah peran penting tabungan dalam hidup. Kalau kita udah mikirin, kita jadi bisa mulai antisipasi, dengan segera mulai menabung. Nah supaya makin siap, lindungi dirimu juga dengan asuransi di DANA Siaga, yuk beli di sini!


3. Siap nikah pas ketemu jodohnya

Iya, hidup berumah tangga kan sungguh butuh biaya. Mulai dari resepsinya hingga kebutuhan setiap hari, cicilan kolaborasi, ke-bm-an sendiri-sendiri, dan hal-hal lain yang mesti dipenuhi. Belum lagi nanti kalau udah punya buah hati. Terus kamu merasa belum perlu menabung, karena masih jomblo? Kalau misalnya besok tiba-tiba ketemu jodohmu, gimana? Masa harus menunda menikah karena belum ada tabungan? Yuk mulai nabung hari ini!


4. Pensiun dini

Ngaku deh, capek kan kerja setiap hari dengan rutin yang itu-itu aja? Tapi mau gimana, ya mesti kerja supaya bisa bayar cicilan dan senang-senang. Nah biar gak kelamaan kerja, cita-cita pensiun dini bisa banget jadi motivasi buat mulai menabung. Kan asik tuh kalau usia 40 nanti udah gak perlu kerja, bisa tinggal di desa atau pinggir pantai, terus menikmati hidup sambil nungguin passive income aja gitu. Hmm asik banget, yuk nabung dan semangat gapai cita-cita pensiun dini!


5. Buat traktir diri sendiri

Atau bahasa kerennya self-reward. Iya, buat nyenengin diri sendiri, foya-foya, dan bersenang-senang kan juga butuh uang. Daripada dipake buat ngopi tiap hari, mending uangnya ditabung kira-kira selama setahun, terus baru deh dipake buat beli barang, minuman, pakaian, atau kegiatan yang bikin kamu senang. Gak ada salahnya lho sekali-kali mikirin diri sendiri. Yuk bikin dirimu di masa depan bangga sama kamu. Mantap!


Gimana, cukup bikin kamu semangat nabung gak? Semoga kita semua pinter-pinter dalam mengatur keuangan, supaya hidup kita terbebas dari dosa-dosa finansial yang tidak diinginkan. Nah supaya makin memotivasi kamu buat nabung, tonton video pengakuan teman-teman kita dalam mengatur keuangan mereka yuk!


(AB)