Hero Image
22 Juni 2020

5 Ikon Kebanggaan Kota Jakarta

Tips Pasti

Hore, hari ini ibu kota kesayangan kita, Jakarta, berulang tahun ke-493! Biasanya, menjelang ulang tahun Jakarta, ada banyak kemeriahan yang berlangsung di berbagai sisi kota ini. Mulai dari midnight sale di mall-mall hingga Pekan Raya Jakarta yang selalu dinanti. Namun, karena COVID-19 masih mengudara, perayaan tahun ini harus ditunda dulu. Supaya tetap ceria dan tetap sayang sama kota metropolitan ini, simak 5 ikon kebanggaan Jakarta aja yuk!


1.     Monas

Tugu Monumen Nasional alias Monas, pastinya udah jadi tempat foto-foto, olahraga, dan tempat nongkrong warga Jakarta, kalo lagi bosen sama mall dan café. Gimana engga, tiket masuk yang murah, area yang luas, dan pemandangan indah Jakarta yang indah dari atas, pas banget buat refreshing. Nah, kamu tau gak sih kalo butuh waktu 14 tahun buat membangun Monas? Iya, mulai dari tahun 1961 sampe akhirnya diresmikan pada 12 Juli 1975. Wow! Makanya, yuk sama-sama kita jaga & banggakan selalu!

 

2.     Ondel-ondel

Ikon yang satu ini udah sering banget ya jalan-jalan di segala bagian kota Jakarta. Kamu takut atau engga, TemanDANA? Dengan tinggi 2.5 meter, baju cerah, dan iringan musik yang meriah membuat kehadiran Ondel-Ondel kadang mengagetkan. Nah, kamu tau gak sih kalo warna wajah Ondel-Ondel menentukan jenis kelaminnya? Iya, kalo merah berarti pria, kalo putih berarti wanita. Hahaha menarik ya!

 

3.     Simpang Susun Semanggi

Proyek Jembatan Semanggi udah dimulai dari tahun 1961 lho! Iya, faktanya, Presiden Soekarno memilih kata Semanggi dari daun semanggi, sebagai lambang persatuan. Nah, ternyata seiring perkembangan zaman, Jembatan Semanggi berevolusi menjadi Simpan Susun Semanggi yang semakin kokoh, megah, dan pastinya membantu mengurai kemacetan Jakarta. Keren!

 

4.     Bundaran HI

Siapa yang suka CFD-an di Bundaran HI? Asik! Bundaran HI atau Bundaran Hotel Indonesia, emang udah jadi ikon Jakarta yang akrab banget sama warganya, khususnya di hari Minggu. Selain jadi tempat rekreasi di Minggu pagi, Bundaran HI juga jadi tempat populer untuk demo. Nah, di Bundaran HI ini ada Monumen Selamat Datang, yang ternyata diresmikan pada tahun 1962 sebagai lambang menyambut orang-orang yang datang dari arah Monas. Oh gitu….

 

5.     MRT

Nah, ikon yang satu ini bisa dibilang pendatang baru banget nih! Sejak diresmikan pada bulan Maret 2019, MRT langsung jadi kebanggaan warga Jakarta. Durasi perjalanan yang cepat, fasilitas yang modern dan bersih, hingga sajian pemandangan baru dari kota Jakarta, bikin MRT jadi moda transportasi yang disayang banget sama warga Jakarta. Semoga selalu kitajaga ya! Eh, kamu tau gak sih, sekarang MRT udah mendukung contactless juga lho! Kamu tinggal download aplikasi MRT Jakarta, dan bayar pake DANA. Cek di sini ya! Pasti lebih aman deh dan terhindar dari paparan virus berbahaya!


Wah! Seru juga ya bahas ikon-ikon kota Jakarta ini. Semoga keadaan cepat membaik dan kita bisa bebas jalan-jalan menyusuri kota Jakarta lagi! Selamat ulang tahun ke-493, Jakarta!