Hero Image
14 April 2020

4 Cara Jitu Agar Paket Belanjaan Bersih dari COVID-19

Lawan COVID-19

Jakarta, 14 April 2020 – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah dilakukan oleh Pemerintah Ibukota DKI Jakarta sejak Jumat lalu, 10 April 2020. Tujuan diberlakukannya PSBB tak lain adalah membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah dengan menghindari kerumunan agar risiko penularan virus Corona COVID-19 bisa semakin dikurangi.


Ruang gerak lewat physical distancing di dalam rumah yang dibatasi, ternyata tidak mematahkan ide masyarakat untuk tetap melakukan aktivitas yang sebelumnya biasanya dilakukan di luar rumah. Salah satu aktivitas yang kini sudah cukup lumrah dilakukan di dalam rumah adalah berbelanja online, di mana kita tidak perlu lagi keluar karena semua kebutuhan dapat dibeli lewat smartphone. Pembayarannya pun bisa dilakukan secara nontunai lewat dompet digital.


Meski dijamin aman, belum tentu barang yang TemanDANA terima dari kurir paket terjaga kebersihannya. Berdasarkan studi New England Journal of Medicine (NEJM), virus Corona COVID-19 ternyata bisa menempel di permukaan plastik dan stainless steel selama sekitar 72 jam. Lantas, virus juga dapat bertahan pada permukan kardus serta tembaga selama 24 jam.


Nah, karenanya TemanDANA harus memperhatikan beberapa hal berikut agar tetap terlindungi dari penyebaran virus Corona COVID-19 saat menerima barang belanjaan online dari kurir.


Lakukan Transaksi Nontunai


Belanjanya sudah online, pastikan metode pembayaran yang dilakukan juga aman dan terlindungi dari penyebaran virus Corona COVID-19, yakni dengan metode pembayaran nontunai.


WHO juga turut mempertimbangkan penggunaan nontunai dalam bertransaksi. Lembaga kesehatan dunia tersebut mengkhawatirkan adanya kuman yang menempel pada uang kertas, yang bisa menjadi pangkal penyebaran virus yang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh serta membuka celah yang dapat disusupi oleh berbagai penyakit yang tidak diinginkan.


Upayakan Pengiriman Bebas Kontak


Minta layanan pengiriman untuk melakukan pengiriman bebas kontak. Dengan melakukan cara ini, barang belanjaan yang dikirim, akan ditinggalkan di depan pintu rumah. Jadi, TemanDANA tidak perlu melakukan interaksi dengan orang luar.


Semprot Cairan Disinfektan ke Paket


TemanDANA tentu sudah tahu kalau virus Corona COVID-19 bisa bertahan di sejumlah permukaan dalam jangka waktu beberapa hari. Untuk mengantisipasi hal tersebut, TemanDANA bisa melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke paket belanjaan yang diterima. Saat memegang paket belanjaan, TemanDANA juga bisa menggunakan sarung tangan sekaligus menyemprot barang.


Jangan Lupa Selalu Cuci Tangan!


Setelah membawa paket belanjaan dan membukanya di dalam rumah, pastikan untuk mencuci tangan TemanDANA untuk mengurangi risiko penyebaran virus Corona COVID-19. Menurut studi UNESCO, kandungan dari sabun memang dirancang membunuh virus, dengan membentuk emulsi ke suatu kotoran, di mana bagian ‘ekor’ emulsi yang akan mengikat kotoran, dan bagian ‘kepala’ yang akan berinteraksi dengan air pembilas. Interaksi ini otomatis akan terjadi saat sabun melakukan kontak dengan virus Covid-19.


Nah, itu dia empat cara yang bisa TemanDANA lakukan saat menerima paket belanja online selama PSBB berlangsung. Pastikan selalu menerapkan cara-cara ini agar TemanDANA tetap sehat dan terhindar dari virus Corona COVID-19 ya! Stay healthy, stay safe, and let’s go cashless!


(Jek)