Hero Image
11 Februari 2021

4 Alasan Aman Pakai DANA

Digital Economy


Pandemi membawa percepatan luar biasa terhadap perkembangan teknologi pembayaran digital di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pertumbuhan pengguna dompet digital juga naik dengan pesat. Bisa dibilang, melakukan transaksi nontunai sudah semakin umum dilakukan masyarakat saat ini.


Meski begitu, tidak sedikit juga masyarakat yang masih ragu untuk bertransaksi nontunai menggunakan dompet digital. Masalahnya tentu adalah kekhawatiran akan keamanan data dan juga dana yang ada di aplikasi. Hal ini wajar dan bisa dimengerti.


Karena itu, dompet digital DANA terus berupaya meningkatkan sistem keamanannya, baik dengan pengembangan fitur-fitur proteksi maupun penerapan sistem keamanan berstandar internasional. Tidak tanggung-tanggung, DANA menggunakan teknologi terdepan dan tim yang kompeten agar pengguna memiliki pengalaman bertransaksi digital yang aman, nyaman, dan mudah.


Nah, teknologi dan fitur apa saja yang diterapkan demi mewujudkan keamanan bertransaksi di DANA? Berikut ini 4 di antaranya:


1. Risk engine/fraud detection engine berbasis Artificial Intelligence

DANA menerapkan risk engine/fraud detection engine berbasis kecerdasan buatan dalam menganalisis setiap transaksi serta proses autentikasi via PIN atau OTP untuk validasi. Teknologi ini meminimalisir penyalahgunaan dan membuat seluruh transaksi berlangsung dengan aman.


2. Face Verification

Aplikasi DANA telah dilengkapi dengan fitur face verificationuntuk berbagai kebutuhan mulai dari login hingga bertransaksi. Untuk pengguna DANA Bisnis, misalnya, proses penarikan uang (cash out) validasinya menggunakan pemindaian wajah atau Face Verification. Pemindaian wajah ini juga merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya jual beli akun antar pengguna.


3. DANA Protection

Ini dia nih. DANA Protection merupakan jaminan proteksi 100 persen untuk kenyamanan dan keamanan TemanDANA, terutama yang sudah terdaftar sebagai pengguna premium. DANA memberikan jaminan proteksi atas semua dana pengguna yang tersimpan di dalam aplikasi DANA.


Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir keamanan saldo DANA, kartu kredit, maupun kartu debit yang tersimpan di aplikasi DANA. Bukan cuma itu, DANA juga memberikan garansi uang kembali jika terjadi kehilangan uang yang disebabkan oleh gangguan atau permasalahan pada saat transaksi.


4. DANA Sertifikasi PCI-DSS

Semua infrastruktur transaksi digital DANA berada di bawah pengawasan Bank Indonesia dan sudah memiliki sertifikasi PCI DSS (The Payment Card Industry Data Security Standard).


PCI-DSS adalah standar keamanan informasi untuk organisasi yang menangani bank penerbit kartu dan jaringan kartu kredit terkemuka dunia. Sistem kemanan ini dikelola oleh Payment Card Industry Security Standard Council untuk meningkatkan kontrol seputar data untuk mengurangi penipuan kartu kredit. 


Saat ini, DANA menjadi penyedia layanan Level 1 yang telah memroses, menyimpan, dan mengirimkan lebih dari 6 juta data pemegang kartu VISA/Mastercard/ Discover setiap tahun.


Gimana, TemanDANA, sudah makin yakin dong dengan teknologi keamanan DANA? So, tidak usah khawatir lagi ya untuk melakukan pembayaran nontunai dalam transaksi sehari-hari. Yuk #BikinJadiBiasa bertransaksi yang praktis, gampang, dan aman pakai DANA. Karena dengan DANA, semua dijamin aman, pake banget. (Erick)