Hero Image
28 Juli 2021

3 Rahasia Finansial Akhirnya Dijawab Sama Ahlinya

#BebasDrama

Hai TemanDANA, udah semerbak aroma gajian nih! Mumpung masih hangat, udah siap buat langsung nabung belum? Nah supaya urusan finansial bulan ini bebas drama, pastiin kamu udah bikin pengaturan keuangan sederhana ya. Biar lebih gampang, ada 3 tips sekaligus rahasia finansial dari seorang Senior Finance Manager nih. Kita simak yuk!


1. Disiplin Pengeluaran

Berapa pun penghasilanmu, ternyata salah satu hal yang penting dalam mengatur keuangan adalah mencatat pengeluaran. Kenapa? Seringkali kita merasa sudah cukup hemat, tapi tiba-tiba kaget melihat saldo yang tiba-tiba mengering. Makanya penting untuk mencatat setiap pengeluaran kita satu per satu, supaya kita gak jadi boros atau overspend dan lebih mudah untuk mengendalikan keuangan kita. Untuk bisa rutin dan otomatis melakukan pencatatan ini, disiplin dan komitmen diperlukan banget nih. Supaya pengeluaranmu tercatat otomatis dan rapi, pastiin kamu pakai DANA buat setiap transaksimu untuk kemudian bisa kamu cek di DANA Statement deh!


2. Disiplin Perencanaan

Untuk bisa mencapai target dan golmu, penting untuk membuat perencanaan nominal yang spesifik setiap bulannya dan disiplin untuk mencapai angka tersebut. Dengan begitu, metode menabungmu akan semakin jelas dan lebih ringan dijalankan. Untuk membantumu meraih target dan mimpimu, cobain fitur keren DANA Goals deh, cek di sini ya!


3. Disiplin Realisasi

Inilah langkah yang terpenting setelah mencatat pengeluaran dan perencanaan, yaitu disiplin dalam menjalankan rencana finansial secara teratur. Sebagai manusia, memang wajar ya untuk BM alias ingin beli ini itu, procrastinate alias menunda hal yang penting, bahkan memaklumi kesalahan kita sendiri. Namun, jangan sampai kesenangan sesaat menghambat rencana finansial yang sudah kita bikin secara saksama ya!


Wah, ternyata gak harus nunggu penghasilan ideal untuk bisa mencapai kestabilan finansial. Semoga setelah tau 3 rahasia ini, urusan finansial kita makin bebas drama ya TemanDANA! Nah untuk tahu lebih banyak tips dalam mengatur gaji langsung dari ahlinya, tonton video di bawah ini yuk!

(AB)