Hero Image
22 Februari 2021

3 Cara Menggunakan Masker yang Bagus

Lawan COVID-19

Menggunakan masker dengan benar adalah salah satu cara utama mencegah penularan COVID-19. Masker dapat melindungi seseorang yang belum terinfeksi virus corona, sekaligus mencegah penderita menyebarkan virus corona dan biang penyakit yang menular lewat udara lainnya.


Ahli penularan virus lewat udara dari Virginia Tech AS, Linsey Marr, menyebut masker kain kebanyakan efektivitasnya dalam memblokir virus seperti corona hanya sebesar 50 persen. Dan ini kurang efektif.


Agar lebih aman, berikut beberapa cara menggunakan masker yang bagus untuk mencegah COVID-19:


1. Gunakan masker dobel 

Penggunaan masker dobel bisa memberikan perlindungan lebih baik ketimbang menggunakan masker kain biasa, karena dapat mengurangi penularan virus corona antara 75-95 persen.


Cara menggunakan masker dobel untuk mencegah Covid-19 ini lapisan pertamanya menggunakan masker medis, lalu ditambahkan masker kain di lapisan paling atas. Seperti halnya menggunakan masker apa pun, penggunaan masker ini harus benar yakni menutup hidung, mulut, sampai dagu dengan sempurna.


2. Gunakan masker dengan tambahan filter 

Tingkat penyaringan masker kain biasa juga dapat ditingkatkan dengan penambahan filter ekstra. Efektivitas penggunaan masker seperti ini bisa setara dengan masker dobel (masker medis yang dilapis masker kain) apabila digunakan dengan benar.


3. Pastikan masker tidak longgar

Untuk memaksimalkan efektivitas masker dalam mencegah COVID-19, pastikan masker digunakan menutup mulut, lubang hidung, dan dagu dengan pas. Selain itu, pastikan batang hidung bagian atas tidak ada celah karena bisa mengurangi efektivitas masker.


TemanDANA pasti sudah paham, kalau efektivitas masker ini tergantung jenis dan kualitasnya. Umumnya, masker kain yang bagus untuk mencegah Covid-19 menggunakan kain katun. Hindari masker dengan bahan kaus, melar, dan masker yang hanya satu lapis. 


Untuk pilihan masker berkualitas, TemanDANA bisa membelinya via DANA Shopping di aplikasi DANA. Ada banyak pilihan jenis masker yang bisa kamu pesan di e-commerce kesayangan kamu. 


Tapi ingat, mengenakan masker hanyalah salah satu metode untuk melindungi kita dari virus. Kita tetap harus menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan mengurangi mobilitas kita saat ini. Stay healthy ya, TemanDANA!


Selengkapnya baca di sini.(Erick)